Langkah Tepat Diet Usai Melahirkan (Foto: gettyimages)
Langkah Tepat Diet Usai Melahirkan (Foto: gettyimages)

Tiga Langkah Tepat Diet Setelah Melahirkan

Rona diet tips kesehatan
Sunnaholomi Halakrispen • 02 Februari 2019 20:31
Jakarta: Usai melahirkan, berat badan terasa naik secara drastis. Tak sedikit pula wanita yang menginginkan tubuhnya kembali seperti sebelum melahirkan.
 
Namun, untuk mencapai tujuan itu tidak mudah. Dr. dr. Jo Edy Siswanto Sp.A (K) menjelaskan kepada Medcom.id sejumlah langkah tepat untuk diet bagi wanita setelah melahirkan.
 
1. Jangan tergesa-gesa

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Diet yang dilakukan dengan tergesa-gesa akan memaksakan Anda tidak napsu makan agar berat badan langsung turun banyak. Lakukanlah secara perlahan.
 
Jika Anda terburu-buru, tubuh bisa menjadi lemas. Selain itu, pikiran Anda pun bisa tertekan dan menjadi stres. Ketika hal itu terjadi, tidak mustahil berpengaruh pada emosional Anda begitu pula dengan si buah hati.
 
2. Tetap menyusui
 
Pasca-melahirkan, wanita dianjurkan menyusui untuk kebutuhan bayinya. Mungkin ada dari Anda yang ragu bahkan enggan menyusui bayi agar tubuh Anda tetap ideal. Namun nyatanya, menyusui bisa menjadi salah satu olahraga karena Anda mengeluarkan banyak energi.
 
Berat badan pun otomatis turun, walaupun tidak turun secara drastis. dr. Edy menyatakan, dengan menyusui berat badan bisa turun sekitar 0,5 hingga 1 kilogram dengan kurun waktu yang relatif. Bisa dalam waktu seminggu hingga enam bulan.
 
3. Atur porsi makan
 
Porsi makan wanita yang tengah diet berbeda dengan wanita lain. Aturlah porsi makan Anda dengan tetap mengutamakan kandungan gizi yang cukup bagi tubuh.
 
Pilihlah menu yang seimbang dan tetap makan minimal tiga kali dalam satu hari. Perlu diingat kembali, jangan terburu-buru mengurangi porsi makan karena tubuh memiliki tingkat keseimbangan.
 
Jadi, kalau tiba-tiba mengurangi porsi makan secara langsung, tubuh Anda akan kaget untuk menyesuaikannya. Selain itu, produksi ASI pun bisa berkurang karena pemasukan makanan ke tubuh yang telah berkurang.
 
Kurangilah porsi makan sedikit demi sedikit. Agar tidak bosan tapi tetap sehat, variasi makanan bisa diubah. Misalnya, ubah kebiasaan mengonsumsi nasi putih menjadi nasi merah atau bisa juga brown rice. Hindari pula makanan yang mengandung minyak, berlemak, dan perbanyak konsumsi protein.
 

 
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif