Apakah KB Spiral aman digunakan? Berikut penjelasan dari dr. Muhammad Yusuf, Sp.OG dan dr. Stella Shirley M, Sp.OG. (Foto: Pexels.com)
Apakah KB Spiral aman digunakan? Berikut penjelasan dari dr. Muhammad Yusuf, Sp.OG dan dr. Stella Shirley M, Sp.OG. (Foto: Pexels.com)

KB Spiral Tembaga Menyebabkan Kanker?

Rona keluarga berencana KB Spiral
Sunnaholomi Halakrispen • 14 Mei 2020 22:35
Jakarta: Keluarga Berencana (KB) bisa menjadi salah satu solusi bagi Anda yang ingin hentikan kesuburan reproduksi. Salah satu metodenya, dengan KB spiral yang menggunakan tembaga. Lalu, apakah berbahaya bahkan menyebabkan kanker jika spiral tembaga terlalu lama di dalam rahim?
 
"Penyebab utama kanker itu bisa diakibatkan infeksi. Bisa dari infeksi virus dan bakteri. Penyebab lain adalah adanya paparan dari zat-zat yang bersifat karsinogenik," ujar dr. Muhammad Yusuf, Sp.OG dalam live Instagramnya bersama dr. Stella Shirley M, Sp.OG, Rabu, 13 Mei 2020. 
 
Bisa juga diakibatkan oleh zat yang mampu mengubah sel normal menjadi sel kanker. Penyebab lainnya, ialah penyakit-penyakit kronis tertentu yang dapat mengakibatkan perubahan metabolisme di dalam tubuh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menekankan, contohnya orang yang menderita hipertensi kronis. Kondisi seperti itu lebih cenderung ke depannya menderita kanker, misalnya kanker rahim. 
 
Bisa juga terhadap orang yang menderita diabetes kronis. Akan memicu tubuhnya menjadi metabolisme yang tidak baik, sehingga berisiko memicu kanker juga. 
 
"Nah, KB spiral tidak menunjukkan atau menyebabkan kanker rahim. Jadi sebenarnya aman," paparnya.
 
Sebab, kata dr. Yusuf, spiral tembaga bukanlah bahan yang karsinogenik. Spiral tidak menyebabkan penyakit metabolisme atau tidak menyebabkan infeksi virus.
 
"Kanker mulut rahim itu penyebabnya virus HPV. Kalau hipertensi, penyakit metabolik, kolesterol tinggi, itu berhubungan dengan kanker rahim," tambah dr. Stella.
 
Sedangkan terkait kanker indung telur, kata dr. Stella, biasanya berhubungan dengan genetik atau makan makanan yang mengandung karsinogenik. Maka demikian, tidak ada satu pun kanker rahim, kanker mulut rahim, atau kanker indung telur yang disebabkan oleh spiral.

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif