Bau Kaki pada Bayi, Normal atau Tidak?
(Foto: Shutterstock)
Jakarta: Bau pada kaki orang dewasa mungkin sesuatu yang cukup sering terjadi. Namun, bagaimana jika bayi yang mengalaminya? Apakah hal tersebut berpengaruh pada kondisi kesehatannya? Ataukah karena kebersihan kaki yang kurang? Apakah hal tersebut merupakan sesuatu yang normal?

Dr Claire McCarthy, dokter anak di Boston Children's Hospital menjelaskan kepada Parenting, bahwa sebenarnya normal jika kaki bayi Anda berbau.

"Tidak apa-apa jika kaki mereka memiliki bau," kata Dr McCarthy. "Tidak ada manusia yang memiliki bau yang sempurna, dan itu bukan masalah kesehatan," katanya. 


Meskipun dalam kasus yang sangat jarang, keringat yang bau bisa menjadi tanda penyakit metabolik atau pubertas dini, tetapi biasanya ditandai dengan gejala lain juga. 

Ini bisa terjadi karena bakteri tumbuh dengan baik di kaki yang basah dan berkeringat, yang menghasilkan bau yang khas. 

"Cukup menarik, kaki anak-anak sering berkeringat lebih dari kaki orang dewasa," ujar Dr Rosario Labarbera, kepala podiatri di The General Hospital Centre di Passaic dan di Saint Mary's Hospital di Passaic, New Jersey, kepada Livestrong. Jadi, tak perlu khawatir.

"Alasan lain mengapa bayi cenderung memiliki kaki yang bau adalah mungkin karena sepatu dan kaus kaki yang mereka pakai," jelas dokter anak Dr David Gellar. 

"Memang tidak biasa bagi anak-anak memiliki bau kaki yang kuat. Tetapi anak-anak yang aktif dan sering berkeringat dan kakinya sering terbungkus sepatu dan kaos kaki akan 'bernafas' sangat sedikit, sehingga cenderung berkeringat dan memiliki bau yang buruk," katanya.

Lihat video:





(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id