Losion tubuh dan pelembap wajah tidak dapat dipertukarkan, terlepas dari seberapa mirip mereka. (Foto: Pexels.com)
Losion tubuh dan pelembap wajah tidak dapat dipertukarkan, terlepas dari seberapa mirip mereka. (Foto: Pexels.com)

Mengapa Pelembap Tubuh Tidak Bisa untuk Wajah?

Rona kecantikan gaya
Timi Trieska Dara • 11 November 2019 15:43
Jakarta: Ada rutinitas kecantikan yang paripurna untuk wajah seperti yang dilakukan Demi Moore, memakai tiga krim wajah yang berbeda dan setiap langkahnya diterapkan. Pelembap, losion, serum, dan lainnya. Ya, bisa jadi ini biaya yang mahal bagi kantong Anda.
 
Cara lainnya, Anda mengonsolidasikan dan mengurangi sedapat mungkin. Dimulai dengan salah satu produk paling sederhana: pelembap. Pelembap wajah dan tubuh mungkin terlihat seperti hal yang sama dan sering kali sulit untuk membedakan keduanya begitu mereka keluar dari pot, tube, atau botol mereka.
 
Tetapi meskipun tampaknya hampir identik, hemat untuk pemasaran dan biaya, ada alasan mengapa Anda tidak boleh menggunakan body lotion dari ujung rambut sampai ujung kaki.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk memelajari logika di balik sistem pelembap dua produk itu, berikut pendapat dokter kulit dan ahli kimia kosmetik

Apa perbedaan antara kulit tubuh dan kulit wajah?

Perbedaan utama antara kulit di wajah Anda dan di tempat lain adalah ketebalan. Dan bahkan di antara bagian-bagian tubuh, ada variasi.
 
Ahli kulit bersertifikat New York City, Shari Lipner mengatakan kepada Allure bahwa kulit di wajah Anda lebih tipis daripada bagian tubuh Anda yang lain, dengan kulit periorbital di sekitar mata Anda di antara yang tertipis.
 
Menurut Healthline, wajah Anda mengandung kelenjar sebaceous dengan konsentrasi tertinggi. Kelenjar-kelenjar tersebut bertanggung jawab untuk memproduksi minyak, yang jumlahnya dapat bergantung pada perubahan hormon dan kondisi lingkungan.
 
Wajah kurus dan berlimpah kelenjar Anda jauh lebih sensitif dan berubah-ubah daripada tubuh Anda. Plus, itu lebih sering terpapar elemen, terutama matahari dan sinar UV yang berbahaya, menambahkan variabel lain.
 
Mengapa Pelembap Tubuh Tidak Bisa untuk Wajah?
(Krim atau pelembap untuk wajah dan tubuh berbeda. Ini karena konsistensi dan bahan-bahannya yang dibuat dengan tujuan berbeda karena kulit wajah dan kulit lainnya memiliki ketebalan yang berbeda. Foto: Pexels.com)

Apa bedanya pelembap wajah dan tubuh?

Karena sifat-sifat individual kulit wajah dan tubuh Anda, pelembap yang menargetkan masing-masing diformulasikan untuk melayani tujuan yang sangat berbeda di luar hidrasi dan pelembutan sederhana.
 
Losion tubuh cenderung mengatasi masalah seperti mengencangkan, selulit, atau pembuluh darah, menurut ahli kimia kosmetik Ginger King. Losion wajah, katanya, biasanya lebih difokuskan pada pori-pori, bintik-bintik gelap, kulit berminyak, keriput, dan garis-garis halus.
 
Bukan hanya nama produk dan pemasaran: Losion wajah dan losion tubuh adalah dua jenis produk yang terpisah.
 
Spesifiknya bervariasi di antara banyak pilihan, banyak produknya di lorong perawatan kulit, tetapi perbedaan umum datang ke konsistensi dan bahan-bahannya. Jadi, berbeda ya.

Formulasi

King mengatakan formula tubuh biasanya lebih berat daripada pelembap wajah, dengan emolien lebih tebal untuk "melindungi dan melembapkan."
 
Mereka "cenderung mengandung banyak mentega, minyak, dan pembentuk film (yang merupakan bahan kimia yang mengunci kelembapan)," katanya.
 
Ia menambahkan, bahan-bahan itu sering terlalu berat untuk wajah. Dan, Lipner mencatat, beberapa losion tubuh juga mengandung wewangian, yang dapat mengiritasi kulit wajah - terutama jika Anda berkulit sensitif.
 
Krim wajah biasanya mengandung bahan-bahan aktif yang lebih khusus dan mahal yang melayani kulit halus. "Dalam perawatan kulit ada hal-hal seperti ekstrak licorice yang dapat berharga USD19.000 per kilogram," kata King.
 
(Ini digunakan dalam konsentrasi yang sangat rendah.) Ia mencatat bahwa itu mirip dengan bahan-bahan seperti asparagus laut (yang membantu hidrasi dan dapat menelan biaya hampir USD1.000 per kilogram) atau peptida (yang membantu produksi kolagen).
 
King menjelaskan bahwa label harga tinggi ini sebagian karena pengujian menyeluruh bahan-bahan ini - mereka disaring tidak hanya untuk masalah sensitivitas tetapi juga untuk membuktikan mereka benar-benar melakukan apa yang dikatakan oleh mereknya (seperti mengurangi penampilan pori-pori atau meminimalkan lingkaran hitam).
 
Tetapi mungkin masuk akal untuk membayar lebih untuk produk yang akan Anda terapkan pada kulit yang lebih sensitif dan dalam jumlah yang lebih kecil, King mencatat bahwa "orang tidak akan melakukan itu untuk perawatan tubuh."
 
Jujur: Apakah menggunakan pelembap tubuh di wajah saya akan menyebabkan masalah?
Jika Anda dalam keadaan darurat dan Anda tidak memiliki pilihan yang lebih baik, Anda tentu dapat menggunakan body lotion di wajah Anda - tetapi King maupun Lipner tidak merekomendasikannya, terutama jika Anda memiliki kulit berminyak atau rentan terhadap jerawat.
 
Seperti yang dijelaskan Lipner, formula kulit tubuh yang tebal (yang menurutnya tidak "menyerap dengan baik ke kulit wajah yang lebih tipis") dapat mengiritasi dan menyumbat pori-pori Anda, yang menyebabkan berjerawat.
 
Selain itu, ia menambahkan, "sebagian besar produk tubuh tidak memiliki perlindungan dari sinar matahari," sangat penting untuk kulit yang terkena sinar matahari sebanyak wajah Anda.
 
Mengapa Pelembap Tubuh Tidak Bisa untuk Wajah?
(Ahli kulit bersertifikat, Shari Lipner mengatakan kepada Allure bahwa kulit di wajah Anda lebih tipis daripada bagian tubuh Anda yang lain, dengan kulit periorbital di sekitar mata Anda di antara yang tertipis. Foto: Pexels.com)
 
Kerugiannya bahkan lebih besar untuk kulit yang sangat tipis dan sensitif di sekitar mata Anda. King mengatakan menggunakan losion yang menyumbat pori dapat menyebabkan milia, kista putih kecil yang biasa ditemukan di sekitar mata.
 
Jika Anda memiliki kondisi kulit yang meradang, seperti eksem atau psoriasis, Lipner mengatakan sangat penting untuk menghindari mengoleskan pelembap tubuh pada wajah Anda.
 
"Pasien-pasien ini sering memiliki penghalang kulit yang kurang kuat dan retakan kecil di kulit dapat memungkinkan mikroorganisme untuk menyerang," katanya. "Pelembap tebal dapat mengiritasi dan memperburuk penyakit."
 
"Krim tangan, secara umum, lebih tebal dari pelembap tubuh karena khusus untuk tangan dan tidak boleh licin," kata King. "Pelembap tubuh perlu menyebar untuk menutupi seluruh tubuh. Dengan produk terkonsentrasi seperti krim tangan, ini dapat menyebabkan jerawat yang bahkan lebih parah."
 
Perlu diingat: Menggunakan body lotion di wajah Anda tidak akan membunuh Anda. Tetapi Anda mungkin tidak ingin menjadikannya kebiasaan.
 
"Ketika datang ke perawatan kulit atau make up, ikuti petunjuk seperti yang Anda lakukan dengan resep apa pun," kata King. "Hargai produk dan kulitmu."
 
Dan jika Anda memiliki pertanyaan tentang pilihan terbaik untuk kulit Anda, dokter kulit dapat membantu Anda mengetahui rutinitas yang disesuaikan.
 
Konsultasikan ke dokter spesialis kulit jika Anda mengalami gangguan kulit setelah memakai losion dan tak cocok. Anda bisa mengonsultasikannya ke dokter SpKK di beberapa rumah sakit, seperti Rumah Sakit Royal Taruma, Rumah Sakit Pondok Indah, atau RSCM - Kencana.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif