Banyak mitos tersebar di tengah masyarakat tentang berhubungan seks saat istri hamil. (Ilustrasi/Pexels)
Banyak mitos tersebar di tengah masyarakat tentang berhubungan seks saat istri hamil. (Ilustrasi/Pexels)

Seks saat Hamil Menurunkan Tingkat Stres untuk Janin?

Rona seks
Sunnaholomi Halakrispen • 08 Agustus 2020 18:20
Jakarta: Banyak mitos tersebar di tengah masyarakat tentang berhubungan seks saat istri hamil. Misalnya, berisiko membahayakan janin yang ada di dalam kandungan sang ibu. Namun nyatanya, tidak selalu demikian berbahaya.
 
Lalu, Anda mungkin pernah mendengar kabar bahwa melakukan hubungan seks saat hamil bisa menurunkan tingkat stres untuk janin. Apakah kabar tersebut benar berdasarkan penjelasan medis?
 
"Secara ilmiah ada ya. Tapi itu biasanya dijadikan sebagai alasan bapak-bapak untuk mengajak ibunya supaya mau berhubungan seks saat hamil," ujar dr. Ni Komang Yeni Dhana Sari, Sp.OG.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia pun membenarkan kabar tersebut. Sebab, saat pasangan suami istri melakukan hubungan seksual ada intimacy atau keintiman yang sangat memengaruhi kondisi perasaan sang ibu hamil.
 
"Jadi ibu hamil merasa disayang, diterima, walaupun badan bengkak dan mungkin tidak secantik dahulu lagi. Karena enggak semua perempuan terlihat atau merasa dirinya cantik saat hamil," jelasnya.
 
Maka, kata dr. Yeni, ada rasa perhatian dan kasih sayang yang membuat ibu hamil lebih bahagia. Hal itu pun memengaruhi kondisi janin yang menjadi lebih sehat. "Dari segi medis, itu memang betul. Jadi pada saat proses berhubungan, pada saat terjadinya orgasme, saat terjadinya resolusi pasca-orgasme, itu memang hormon bahagia semuanya keluar," paparnya.
 
Mulai dari hormon adrenalin, endorfin, phenylethylamine, dan serotonin. Semuanya merupakan hormon bahagia yang bisa membuat ibu hamil merasa nyaman dengan kehamilannya dan bisa menurunkan tingkat stres.
 
"Jadi ibunya tidur lebih nyenyak, merasa lebih bahagia, tentunya denyut jantung ibu lebih stabil yang didengarkan bayi dan bayinya nyaman," pungkasnya.
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif