Jangan mau diperbudak oleh emosi atau tidak berdaya untuk berubah. (Foto: Pexels.com)
Jangan mau diperbudak oleh emosi atau tidak berdaya untuk berubah. (Foto: Pexels.com)

9 Ciri Anda Adiksi pada Kesedihan

Rona psikologi
Kumara Anggita • 20 Juni 2019 08:12
Beberapa ciri Anda adiksi pada kesedihan antara lain Anda selalu melihat seseorang sebagai sebuah ancaman yang ingin melampaui Anda. Padahal kalau dipikir-pikir perasaaan ini tidak akan ada habisnya karena di dunia ada banyak sekali orang yang beragam. Ciri lainnya Anda menyalahkan orang lain tanpa instropeksi diri. Anda tidak berani bertanggung jawab atas pilihan atau perilaku Anda.
 

Jakarta: Kesedihan adalah ketika seseorang menunjukkan emosi bahwa seperti mereka merasa tidak beruntung, kehilangan, dan ketidakberdayaan. Saat sedih, manusia sering menjadi lebih diam, kurang bersemangat, dan menarik diri.
 
Perasaan sedih adalah hal yang lumrah dirasakan oleh manusia dalam keadaan tertentu. Namun bagaimana jika orang tersebut sesungguhnya amat mencintai rasa sedih itu sendiri?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut ciri-ciri orang yang adiksi pada kesedihan yang dilansir dari Psychology Today.

1. Sering bilang “too good to be true” 

Coba perhatikan apakah Anda atau kerabat Anda sering menyebutkan kata ini atau tidak. Setiap kali mendapatkan sesuatu yang menyenangkan bahkan saat memang Anda pantas mendapatkannya, Anda membuat perlindungan yang tidak diperlukan dengan menyebutkan “to good to be true.” Seakan akan ada yang buruk datang, tinggal menunggu waktu.

2. Berlaku seperti korban

Dalam setiap keadaan tidak peduli Anda atau orang lain yang menyebabkannya, Anda akan mengambil peran sebagai korban. Caranya adalah dengan menyalahkan orang lain tanpa instropeksi diri. Anda tidak berani bertanggung jawab atas pilihan atau perilaku Anda.

3. Bersaing

Anda selalu melihat seseorang sebagai sebuah ancaman yang ingin melampaui Anda. Padahal kalau dipikir-pikir perasaan ini tidak akan ada habisnya karena di dunia ada banyak sekali orang yang beragam. Anda bisa mengidentifikasinya dengan melihat apakah Anda suka bersaing dengan teman atau kolega.
 
9 Ciri Anda Adiksi pada Kesedihan
(Saat sedih, manusia sering menjadi lebih diam, kurang bersemangat, dan menarik diri. Foto: Pexels.com)

4. Berorientasi pada tujuan

Anda harus bijak dalam menetapkan tujuan. Dan tentunya jangan terlalu fokus pada tujuan itu semata. Hal ini karena nantinya Anda tidak akan pernah bisa menikmati kesuksesan. Kesulitan menetapkan dan mencapai tujuan, atau sebaliknya mencapai tujuan hanya untuk menemukan bahwa mereka tidak dapat menikmati kesuksesan mereka.

5. Pelarian

Kesedihan tersebut Anda proyeksikan pada hal lain. Anda mengatasinya dengan menggunakan narkoba, alkohol, seks, makanan, atau perilaku adiktif atau kompulsif lainnya.

6. Tidak hidup sehat

Menjaga tubuh dan jiwa adalah hal yang penting untuk dilakukan untuk membuat Anda jadi lebih bahagia. Jika Anda suka makan sembarangam, olahraga tidak teratur, dan tidur tidak cukup. Ya, Anda memang tidak mau bahagia.

7. Tidak mau berubah

Pikiran dan tekad memiliki peran penting dalam mengontrol kesedihan. Tidak bisa melakukan itu, Anda jadi merasa diperbudak oleh emosi atau tidak berdaya untuk berubah.

8. Tidak pernah puas

Secara garis besar, tidak ada yang salah dalam kehidupan Anda. Namun, pikiran negatif di kepala Anda menguasai diri Anda sehingga Anda selalu mencari celah. Alhasil, Anda jadi merasa tidak puas bahkan ketika hidup berjalan dengan baik.

9. Memiliki hubungan yang buruk

Entah karena bosan atau memang dorongan dari dalam, Anda suka sekali membawa drama dalam hubungan Anda. Anda memiliki hubungan yang tidak terpenuhi. Inilah beberapa ciri-ciri Orang yang Adiksi pada Kesedihan. Tak perlu khawatir, walaupun sulit, selama Anda mau mengubah kebiasaan buruk itu, Anda bisa jadi lebih bahagia.
 
Konsultasikan jika perasaan seperti di atas tak kunjung membaik dan berubah. Anda bisa mengunjungi psikolog di beberapa rumah sakit seperti di Rumah Sakit Royal Taruma, RSCM, atau Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia di Salemba.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif