Untuk belajar dianjurkan putih sementara untuk tidur kuning, ini memberikan efek rileks. (Foto: Pixabay)
Untuk belajar dianjurkan putih sementara untuk tidur kuning, ini memberikan efek rileks. (Foto: Pixabay)

Mengapa Harus Pakai Lampu Belajar Walau di Siang Hari?

Rona kesehatan mata
Kumara Anggita • 01 November 2019 09:08
Jakarta: Indonesia adalah tempat yang penuh cahaya mengingat negara ini beriklim tropis. Kendati demikian, orang-orang tetap dianjurkan menggunakan lampu belajar saat bekerja atau belajar di siang hari.
 
Kebiasaan ini bukan sekadar keren-kerenan saja. Melainkan ada alasan medis yang perlu Anda pertimbangkan. Berikut penjelasannya menurut Ahli Bedah dan Reaktif Mata dari RSCM Kirana, dokter Tri Rahayu.
 
"Bukannya sedikit atau boleh dikatakan banyak konstruksi dari rumah-rumah atau gedung kita yang buat cahaya matahari tidak leluasa masuk ke rumah-rumah atau gedung-gedung kita. Sekarang banyak rumah susun dan banyak apartemen yang jendelanya kecil. Semua tembok. Itu menyebabkan cahaya jadi susah masuk ke ruangan," ujar Ahli Bedah dan Reaktif Mata dari RSCM Kirana, dokter Tri Rahayu dalam acara media bertajuk Your Eyes Will Thank You di Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan demikian kita butuh cahaya tambahan yang didapat dari lampu," lanjutnya.
 
Terkait itu, Burhan Noor Sahid, Head of Marketing Signify Indonesia mengungkapkan bahwa setiap jenis lampu akan bagus digunakan sesuai dengan kebutuhan. Pilihan terbaik untuk lampu belajar adalah, lampu putih karena cahaya lampu ini bisa membuat orang menjadi lebih fokus.
 
"Untuk belajar dianjurkan putih sementara untuk tidur kuning, ini memberikan efek rileks," jelasnya.
 
Bila Anda tidak memerhatikan pencahayaan dengan tepat, dampaknya akan buruk pada pengelihatan. Penelitian Signify (Philips) juga menunjukan bahwa 74 persen masyarakat Indonesia menghabiskan lebih dari delapan jam sehari di area dengan pencahayaan buatan.
 
Jumlah yang lebih tinggi, 80 persen bahkan menyetujui bahwa pencahayaan buruk dalam ruangan dapat mempengaruhi mata mereka. Setengah dari konsumen Indonesia mengakui mengalami mata lelah dan hampir setengahnya mengalami penglihatan kabur.
 
"Kita masih membutuhkan pencahayaan yang baik dan layak untuk mendukung pekerjaan dan tugas-tugas terkait visual. Mata kita tetap sehat sebagai bagian dari kesehatan kita secara keseluruhan merupakan hal yang sangat penting. Jika kita ingin memiliki angkatan kerja yang berkualitas, kita harus mulai dari kesehatan mata kita," lanjutnya.
 
Karena itu, perhatikan penggunaan pecahayaan dari sekarang! Pastikan Anda menggunakan pencahayaan yang berkualitas di tempat dan waktu yang tepat.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif