Cara terbaik untuk menentukan vaksin mana yang dibutuhkan untuk bepergian ke negara tertentu adalah dengan konsultasi bersama profesional kesehatan. (Foto: Pexels.com)
Cara terbaik untuk menentukan vaksin mana yang dibutuhkan untuk bepergian ke negara tertentu adalah dengan konsultasi bersama profesional kesehatan. (Foto: Pexels.com)

Kenali Vaksinasi Travel Sebelum Pergi ke Luar Negeri

Rona vaksin travel
Torie Natalova • 09 Juli 2019 08:04
Teliti sebelum Anda pergi. Jika diperlukan Anda melakukan vaksinasi sebelum mengunjungi negara tertentu. Beberapa vaksin yang direkomendasikan antara lain hepatitis A, tetanus, tifus, rabies, japanese encephalitis, yellow fever atau demam kuning. Konsultasikan ke dokter untuk jenis vaksin yang mungkin Anda butuhkan.
 

Jakarta: Menghabiskan waktu liburan atau sekedar melepas penat dengan bepergian ke luar negeri, semakin sering dilakukan. Namun, selain memikirkan transportasi dan akomodasi hingga pakaian selama bepergian, penting juga untuk memikirkan vaksin perjalaan apa yang mungkin Anda butuhkan jika berkunjung ke negara tertentu.
 
Vaksin perjalanan atau travel vaccines adalah vaksinasi yang memberikan perlindungan terhadap penyakit yang kemungkinan besar diderita masyarakat di negara tujuan Anda berlibur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ini biasanya karena penyakit yang telah diberantas di negara asal calon pelancong atau penyakit yang tidak pernah terjangkit di tempat tinggalnya karena perbedaan iklim atau faktor lainnya.
 
Cara terbaik untuk menentukan vaksin mana yang dibutuhkan untuk bepergian ke negara tertentu adalah dengan konsultasi bersama profesional kesehatan seperti perawat kesehatan perjalanan, dokter umum atau apoteker.

1. Vaksin Hepatitis A, Tetanus dan Tifus

Di Inggris, ada beberapa vaksinasi yang direkomendasikan untuk dapat bepergian ke luar negeri dan masih dapat diakses di NHS seperti hepatitis A, tetanus dan tifus. 

2. Vaksin Rabies, Japanese encephalitis dan Yellow fever atau demam kuning

Ada pula beberapa vaksinasi yang direkomendasikan untuk bepergian ke luar negeri seperti rabies, japanese encephalitis dan yellow fever atau demam kuning.
 
Kenali Vaksinasi Travel Sebelum Pergi ke Luar Negeri
(Cara terbaik untuk menentukan vaksin mana yang dibutuhkan untuk bepergian ke negara tertentu adalah dengan konsultasi bersama profesional kesehatan. Foto: Pexels.com)
 
Sebagian besar vaksin tidak aktif dan tidak mengandung bentuk virus yang hidup. Jenis virus ini biasanya akan memiliki efek samping yang lebih ringan. Efek samping vaksin biasanya akan terasa sakit di lengan bekas suntikan atau yang lebih ringan seperti gejala flu.
 
Namun, vaksinasi tertentu seperti demam kuning, cacar air atau herpes zoster adalah vaksin hidup. Ini berarti mereka mengandung bentuk aktif dari virus dan dalam beberapa kondisi dapat mengakibatkan penyakit atau efek samping yang lebih parah.
 
Selain itu, selalu ada risiko yang melekat pada reaksi alergi dan dokter akan melakukan penilaian risiko untuk memastikan vaksin itu aman untuk diberikan.

Siapa yang tidak boleh mendapatkan vaksin perjalanan?

Vaksin dapat diberikan pada orang yang benar-benar sehat dan jika risiko penyakitnya lebih besar daripada risiko efek samping vaksin. Perawatan khusus dilakukan pada pasien yang menerima vaksin hidup, dan ini biasanya dapat kontraindikasi pada pasien terutama lansia, kesehatan lemah, hamil, menyusui atau yang sedang minum obat penekan sistem kekebalan tubuh.
 
Orang-orang yang masuk dalam kategori ini memiliki risiko lebih besar mengalami efek samping buruk. Dokter atau ahli medis akan menentukan risiko relatif dari reaksi serius dengan risiko tertular penyakit di negara tujuan berlibur. Dokter akan memutuskan apakah Anda memerlukan vaksin atau tidak. 
 
Konsultasikan ke dokter untuk jenis vaksin yang mungkin Anda butuhkan di beberapa rumah sakit, seperti RSCM - Kencana, Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro Jaya, Rumah Sakit Royal Taruma atau rumah sakit atau pusat layanan kesehatan terdekat dari rumah Anda.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif