Flu tidak akan membahayakan bayi. Namun, umumnya dokter tidak menganjurkan minum obat bebas selama kehamilan. (Foto: Pexels.com)
Flu tidak akan membahayakan bayi. Namun, umumnya dokter tidak menganjurkan minum obat bebas selama kehamilan. (Foto: Pexels.com)

Perawatan Alami Atasi Pilek Saat Hamil

Rona kehamilan
Anda Nurlaila • 30 April 2019 06:00

Kehamilan dapat menyebabkan tubuh lebih cepat lelah sehingga penting untuk beristirahat lebih banyak daripada biasanya. Makanan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk dapat membantu mempersingkat masa pilek. Jika mengalami demam lebih dari 38 derajat Celcius, segera periksakan ke dokter. 
 

Jakarta: Masuk angin memang tidak menyenangkan, namun terasa lebih berat saat sedang hamil. Selain tubuh merasa sakit, bersin, hidung mampet dan batuk, ibu hamil sering kali khawatir akan kesehatan janin dalam kandungan.


Anda tak perlu resah, sebab flu tidak akan membahayakan bayi. Namun, umumnya dokter tidak menganjurkan minum obat bebas selama kehamilan. 
 
Sebagai gantinya, ada sejumlah cara lain untuk meringankan gejala pilek biasa saat hamil, seperti dimuat dalam JustParents:

Diet sehat

Makanan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk dapat membantu mempersingkat masa pilek. Jahe adalah cara yang bagus untuk meredakan gejala pilek dan juga efektif meredakan mual. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Masukkan sedikit jahe mentah ke dalam smoothie dengan beberapa buah beku dan sayuran segar. Smoothie bisa menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan untuk Anda dan bayi saat Anda sakit dan tidak punya nafsu makan banyak. 
 
Sup ayam hangat menurut sebuah penelitian membersihkan saluran hidung dan meringankan hidung tersumbat karena efek antiinflamasi. Penting juga untuk memastikan Anda tetap terhidrasi, jadi pastikan untuk minum banyak air.
 
Perawatan Alami Atasi Pilek Saat Hamil
(Kehamilan dapat menyebabkan tubuh lebih cepat lelah sehingga penting untuk beristirahat lebih banyak daripada biasanya. Makanan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk dapat membantu mempersingkat masa pilek. Foto: Pexels.com)

Banyak istirahat

Kehamilan dapat menyebabkan tubuh lebih cepat lelah sehingga penting untuk beristirahat lebih banyak daripada biasanya.
 
Jika Anda pilek, lebih penting lagi untuk istirahat seperti tidur siang ekstra. Cobalah untuk tidak melakukan apa pun yang terlalu berat secara fisik sehingga tubuh dapat pulih dengan cepat.

Obat alami

Beberapa tumbuhan dan perawatan alternatif bisa berbahaya selama kehamilan. Namun, ada cara lain untuk mendapatkan bantuan alami ketika Anda sedang pilek. 
 
Coba gunakan pelembap di malam hari atau strip hidung untuk mengurangi lendir di hidung. Berkumurlah dengan air garam untuk sakit tenggorokan atau minum teh bebas kafein.
 
Pastikan untuk menghubungi dokter jika gejala pilek membuat Anda sulit makan atau tidur. Atau jika gejala tersebut bertahan lebih dari beberapa hari tanpa perbaikan. Jika mengalami demam lebih dari 38 derajat Celcius, segera periksakan ke dokter. 
 
Anda dapat berkonsultasi mengenai pengobatan saat hamil ke dokter spesialis obstetri dan ginekologi (dokter spesialis kebidanan) di beberapa rumah sakit seperti Rumah Sakit Royal Taruma, Siloam Hospitals Kebon Jeruk, atau Mayapada Hospital. 
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif