Mengonsumsi almond dapat membantu tubuh Anda mengelola kadar gula darah secara lebih efektif.  (Foto Ilustrasi: Rawpixel/Pexels)
Mengonsumsi almond dapat membantu tubuh Anda mengelola kadar gula darah secara lebih efektif. (Foto Ilustrasi: Rawpixel/Pexels)

Cara Menurunkan Kadar Gula Darah

Rona diabetes
Raka Lestari • 03 Mei 2019 16:59
Demi bisa menurunkan kadar gula darah Anda, maka perlu diperhatikan dari apa yang Anda konsumsi. Mengonsumsi Hummus atau almond bisa menjadi solusi, jika Anda tak ingin gula darah naik.
 
Jakarta: Gula darah adalah gula atau glukosa yang ada dalam darah kita. Dalam istilah medis biasanya disebut sebagai glukosa darah (Blood Glucose). Gula darah berasal dari makanan yang kita makan, dan merupakan sumber energi utama bagi tubuh.
 
Jika kadar gula darah naik karena makanan yang dikonsumsi, bisa membuat perubahan suasana hati yang terjadi. Jika Anda mengalami hal itu, cobalah untuk mengonsumsi makanan-makanan yang menyeimbangkan kadar gula darah Anda. Sebab lonjakan atau penurunan gula darah dapat juga berpengaruh terhadap suasana hati Anda pada hari itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengutip Elite Daily, berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat membantu menyeimbangkan gula darah dan menstabilkan suasana hati Anda:

1. Hummus

Mengonsumsi makanan yang dikemas dengan karbohidrat kompleks berkualitas tinggi, seperti hummus. Menurut ahli nutrisi dan kebugaran, Erin Palinski-Wade, RD, CDE, mengonsumsi hummus adalah cara yang bagus untuk menjaga kadar gula darah Anda.
 
"Pastikan untuk memilih pilihan makanan yang lambat dicerna, seperti sayuran dan hummus untuk mencegah lonjakan gula darah tambahan," kata Palinski-Wade.

2. Bawang

Bumbu masak seperti bawang merah dan bawang putih bisa menjadi cara yang efektif untuk menstabilkan gula darah Anda, dan tentunya dapat berpengaruh juga pada suasana hati Anda.
 
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Food and Chemical Toxicology menguji efek dari bawang pada tikus. Hasilnya menunjukkan bahwa bawang dapat mengembalikan tingkat gula darah tikus kembali normal.

3. Almond

Mengonsumsi almond dapat membantu tubuh Anda mengelola kadar gula darah secara lebih efektif. Mengonsumsi dua ons almond setiap hari dapat meningkatkan kontrol glikemik dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, menurut hasil penelitian yang dipublikasikan di Journal Metabolism.

4. Ceri

Meskipun ada banyak berbagai jenis buah-buahan yang dapat meningkatkan gula darah Anda, buah ceri adalah salah satu buah-buahan yang tidak menyebabkan lonjakan gula darah secara berlebihan. Buah ceri mengandung indeks glikemik (GI) yang lebih rendah dibandingkan buah-buahan lainnya.

5. Cuka sari apel

Meskipun secara teknis mungkin cuka sari apel tidak begitu nyaman dimakan langsung, menambahkan cuka sari apel ke makanan Anda bisa menjadi cara yang bagus untuk mengurangi efek makanan yang Anda konsumsi. Terutama terhadap gula darah Anda.
 
Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Diabetes Association Amerika Diabetes Care menyarankan untuk mengonsumsi cuka sari apel. Yaitu dua menit sebelum mengonsumsi makanan berat berkarbohidrat. Cara itu sangat efektif dalam menstabilkan kadar gula darah Anda.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif