Dr. Tina menganjurkan Anda untuk menjaga pola makan, pola hidup, dan mengonsumsi suplemen saat puasa. Namun, suplemen yang dimaksud yang sifatnya menjaga daya tahah tubuh. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Dr. Tina menganjurkan Anda untuk menjaga pola makan, pola hidup, dan mengonsumsi suplemen saat puasa. Namun, suplemen yang dimaksud yang sifatnya menjaga daya tahah tubuh. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Waktu yang Tepat untuk Mengonsumsi Suplemen Saat Puasa

Rona puasa vitamin
Kumara Anggita • 13 Mei 2019 12:00
Dokter Suci Sutinah Diah Suksmasari menjelasakan waktu yang tepat untuk mengonsumsi suplemen saat puasa adalah saat makan atau sesudahnya. Ini karena vitamin terserap dengan optimal. 
 

Jakarta: Daya tahan tubuh menurun adalah hal yang sering terjadi ketika Anda berpuasa. Hal ini karena asupan nutrisi jadi terbatas. Jangan biarkan hal semacam ini menjadi kendala Anda dalam menjalankan ibadah. 
 
Dokter Suci Sutinah Diah Suksmasari menjelasakan bahwa berpuasa memiliki banyak manfaat yang beragam. Namun, tinggal di kota besar membuat puasa jadi lebih berisiko.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Fasting itu bagus dan beneficial tinggi buat kita, tapi untuk kita yang hidup di kota besar, manfaat itu banyak terkikis polusi, perubahan cuaca,” tuturnya di Jakarta.
 
Karena itu, dr. Tina menganjurkan Anda untuk menjaga pola makan, pola hidup, dan mengonsumsi suplemen. Namun, suplemen yang dimaksudkan dr. Tina adalah yang sifatnya menjaga daya tahah tubuh. 
 
Waktu yang Tepat untuk Mengonsumsi Suplemen Saat Puasa
(Dokter Suci Sutinah Diah Suksmasari menjelasakan waktu yang tepat untuk mengonsumsi suplemen saat puasa adalah saat makan atau sesudahnya. Ini karena vitamin terserap dengan optimal. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Waktu tepat konsumsi vitamin

“Guna mengantisipasi gangguan kecukupan asupan gizi selama berpuasa, selain protein, karbohidrat kompleks dan buah, tubuh juga membutuhkan tambahan asupan bernutrisi termasuk, vitamin dan mineral."
 
"Vitamin C, vitamin D, dan zinc untuk mendukung tiga lapis pertahanan daya tahan tubuh,” tambah dr. Tina.
 
Waktu yang tepat untuk mengonsumsi suplemen saat puasa adalah saat makan atau sesudahnya. Ini karena, vitamin terserap dengan optimal. 
 
“Dikonsumsi pada saat kita makan atau setelah makan. Vitamin paling cepat diserap tubuh saat nempel dengan makanan,” tuturnya. “Saya menyarankan saat saur karena perut terisi," tuturnya.
 
Secara lebih spesifik, dia tak menganjurkan Anda untuk minum suplemen saat buka puasa. “Saya tidak rekomendasi di buka nanti perut kaget,” tuturnya.
 
“Untuk sebagian orang vitamin C 1000 mg bikin orang melek jadi enggak disarankan untuk dikonsumsi malam,” lanjutnya.
 
Selain itu, Anda juga harus ingat bahwa minum suplemen harus dibarengi dengan banyak minum air walaupun Anda sedang berpuasa.
 
Anda bisa melakukannya dengan minum dua gelas saat buka, dua gelas saat tarawih, dan empat gelas setelah tarawih.
 
“Kalau minum vitamin kita harus minum air putih delapan gelas sehari. Dalam puasa kita switch. Dua saat sahur, dua saat buka, sisanya bisa setelah tarawih, sebelum tidur,” tuturnya.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif