Keragaman dalam kehidupan kita menambah kesehatan fisik, keuangan, dan emosional. (Foto: Pexels.com)
Keragaman dalam kehidupan kita menambah kesehatan fisik, keuangan, dan emosional. (Foto: Pexels.com)

Mengapa Kita Butuh Keragaman?

Rona psikologi Manfaat dari keberagaman
Timi Trieska Dara • 22 Agustus 2019 15:04
Keragaman dalam kehidupan kita menambah kesehatan fisik, keuangan, dan emosional. Keragaman juga berfungsi baik untuk kesehatan manusia. Diet yang seimbang meliputi menu yang bervariasi akan mengarah pada kesehatan fisik yang lebih baik.
 

 
Jakarta: Ketika mendengar kata "keragaman" kita berpikir tentang ras dan budaya. Tentu saja, keragaman etnis, ras dan budaya adalah aspek kunci. Tetapi keragaman jauh lebih luas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Keragaman melintasi semua aspek kehidupan kita dan itu memainkan peran penting, sama pentingnya dengan membantu kita untuk bertahan hidup.

Alam mengajar banyak tentang nilai keanekaragaman

Alam meliputi beragam jenis tumbuhan dan hewan. Keragaman seperti itu di antara organisme membangun kekuatan dan membantu dalam kelangsungan hidup. Sebagai contoh, menanam semua pohon yang sama di taman berarti ketika salah satunya mendapat penyakit, semua juga mendapatkan penyakit.
 
Menanam varietas yang berbeda memastikan bahwa beberapa akan tumbuh subur sementara yang lain mungkin harus melawan hama.
 
Pertimbangkan nilai keanekaragaman hayati untuk memastikan bahwa kita memiliki makanan. Kita mungkin tidak ingin terlalu dekat dengan lebah, tetapi tanpa lebah menyerbuki tanaman sayur dan buah, kita tidak akan memiliki cukup makanan.

Bagaimana dengan keanekaragaman hayati di antara manusia?

Sejumlah penelitian tentang praktik perkawinan sedarah di antara keluarga kerajaan yang dilakukan untuk menjaga garis keturunan mereka "murni" sejak ratusan tahun lalu, mengungkapkan angka kematian yang tinggi, kesehatan yang buruk dan meneruskan kelainan genetik. Variabilitas di antara dan di antara semua organisme membangun kekuatan.
 
Mengapa Kita Butuh Keragaman?
(Keragaman juga berfungsi baik untuk kesehatan manusia. Diet yang seimbang meliputi menu yang bervariasi akan mengarah pada kesehatan fisik yang lebih baik. Foto: Pexels.com)

Keanekaragaman mengarah pada kesehatan yang lebih baik

Di antara tanaman dan hewan, penyakit jarang ketika ada keragaman yang lebih besar. Patogen tidak dapat dengan mudah menemukan inang ideal mereka di antara berbagai jenis tanaman dan hewan, yang mengarah ke tingkat penyakit yang lebih rendah.
 
Dan penyebaran penyakit lebih rendah ketika ada banyak jenis inang yang berbeda, karena beberapa tidak akan menerima yang lain membuat reproduksi penyakit lebih kecil kemungkinannya.
 
Keragaman juga berfungsi baik untuk kesehatan manusia. Diet yang seimbang meliputi menu yang bervariasi akan mengarah pada kesehatan fisik yang lebih baik.

Jangan menaruh semua uang Anda dalam satu keranjang!

Setiap penasihat keuangan yang baik memberi tahu kita bahwa untuk pintar berinvestasi, kita perlu keragaman. Diversifikasi keuangan menyebarkan risiko dan meningkatkan peluang keberhasilan secara keseluruhan. Jika kita menaruh semua uang dalam satu saham, dan satu saham itu gagal, kita kehilangan semuanya.

Keragaman tempat kerja meningkatkan lingkungan kerja

Penelitian menunjukkan bahwa kelompok kerja yang beragam menghasilkan lebih banyak proses kognitif dan lebih banyak pertukaran informasi.
 
Keragaman membawa ide dan pengalaman baru sehingga orang-orang dapat saling belajar. Membawa berbagai ide dan perspektif mengarah pada pemecahan masalah yang lebih baik. Bekerja dalam tim yang beragam membuka dialog dan mempromosikan kreativitas.

Nilai keanekaragaman juga berlaku bagi budaya kita

Ketika kita bertemu, hidup, dan bekerja dengan orang-orang yang berbeda, kita lebih mungkin terpapar dengan ide-ide baru dan cara berpikir baru. Bergaul dengan orang-orang dari latar belakang dan pengalaman hidup yang berbeda membawa pada pertanyaan mengapa kita melakukan hal-hal seperti yang kita lakukan.
 
Meskipun pada awalnya mungkin terasa tidak nyaman, "tetapi kita selalu melakukannya dengan cara ini!" itu bisa melegakan. Belajar tentang berbagai cara untuk menjalani hidup memungkinkan kita untuk melihat bahwa ada banyak cara untuk melakukan sesuatu.
 
Keragaman ini dapat membebaskan kita dari tekanan untuk menyesuaikan diri dengan cara hidup yang cocok untuk semua.
 
Manfaat lain dari keberagaman adalah bahwa beragam gagasan dan cara berpikir dapat membebaskan kita dari bahaya "groupthink." Keinginan kuat untuk menyesuaikan diri dan tidak berbeda dapat memendam ide-ide alternatif. Ini mengarah pada cara berpikir yang seragam dalam suatu kelompok.
 
Dan keanekaragaman menambah bumbu dalam kehidupan, secara harfiah! Keragaman membuat kita tetap sehat secara fisik, finansial, profesional, dan emosional.
 
Ini mengarah pada inovasi dan kreativitas. Ketika kita hidup, bekerja, dan bermain di komunitas yang beragam secara budaya kita lebih sehat, dan itulah sebabnya kita membutuhkan keragaman.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif