(Foto:Shutterstock)
(Foto:Shutterstock)

Tak Cuma Mencerdaskan, Membaca Buku Bermanfaat bagi Kesehatan

Rona bukuuntukindonesia
Gervin Nathaniel Purba • 30 Juni 2017 07:00
medcom.id, Jakarta: Jangan anggap remeh kekuatan membaca buku. Selain menambah wawasan, membaca buku pun baik untuk kesehatan mental. Ini yang menjadi alasan pentingnya membiasakan membaca buku, sejak dini.
 
Berikut ini, beberapa manfaat dari membaca buku bagi kesehatan dan pengetahuan.
 
1. Stimulasi mental

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pendiri dan CEO Dream Theater Jiggy George mengatakan, “Ketika seseorang membaca buku, ia mendapatkan pengalaman yang tak diperolehnya saat menonton tayangan visual. Pikirannya menjadi lebih terbuka.” Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa membaca dapat memperlambat proses pengembangan alzheimer atau demensia.
 
2. Memperkaya ragam kosakata
 
Semakin banyak membaca, maka semakin banyak kata yang Anda ketahui. Tanpa Anda sadari, kata dan kalimat yang Anda baca di buku, akan diserap oleh otak dan memperkaya kosakata Anda. Kekayaan kosakata ini sangat membantu ketika Anda menuangkan buah pikiran melalui tulisan. Bahkan, saat menyajikan presentasi di hadapan banyak orang, kosakata yang beragam dapat memaksimalkan performa Anda.
 
3. Meredakan stres
 
Membaca buku akan membawa Anda ke dunia yang berbeda, mengajak Anda lari sejenak dari kenyataan. Cara ini akan sangat menghibur ketika Anda mengalami hari yang buruk di tempat kerja atau jika Anda sedang berjuang dengan masalah pribadi yang tidak menawarkan Anda jalan keluar. Para ahli merekemondasikan membaca buku untuk memperlambat denyut jantung dan melepaskan ketegangan.
 
4. Meningkatkan fokus
 
Manusia modern, terutama yang hidup di kota besar, terbiasa melakukan banyak pekerjaan pada satu waktu yang sama (multitasking). Mulai dari mengecek surat elektronik, memeriksa laman media sosial, mengelola tugas rumah, dan masih banyak lagi. Dalam jangka panjang, pola ini akan menurunkan produktivitas dan menurunkan kemampuan fokus pada suatu hal. Hal sebaliknya terjadi jika Anda membaca buku. Sejenak, Anda akan melupakan lingkungan sekitar dan semua perhatian Anda terfokus pada isi buku yang tengah dibaca. Lambat laun, kebiasaan membaca buku ini akan mengasah kemampuan fokus Anda.
 
5. Tidur lebih nyenyak
 
Anda sering mengeluh sulit tidur? Daripada minum obat tidur, cobalah membaca buku sebelum tidur. Membaca membuat mata bekerja keras untuk menangkap deretan huruf di buku. Apalagi, bila Anda membaca di ruangan yang berpencahayaan minim. Mata akan menjadi cepat lelah dan mengantuk.
 
6. Menanamkan pengetahuan
 
Informasi baru akan memasuki pikiran Anda dari berbagai buku yang dibaca. Semakin banyak pengetahuan yang Anda miliki, maka semakin baik Anda menghadapi tantangan ke depan dalam hidup.
 
7. Meningkatkan memori
 
Saat membaca buku, Anda  harus mengingat berbagai karakter tokoh, latar belakang, plot dan subplot mereka. Begitu banyak hal yang harus diingat, sehingga otak terlatih untuk mengingat. Dengan begitu, daya ingat akan meningkat.
 
Setelah melihat sederet manfaat di atas, masih malas membaca buku? Sebaiknya tidak, ya. Gunakan setiap kesempatkan untuk membaca buku. Namun, sayangnya tidak semua orang mempunyai kesempatan membaca buku karena keterbatasan akses, seperti yang terjadi di banyak daerah pelosok di Indonesia.
 
Akses yang sulit menyebabkan distribusi buku belum merata di seluruh Indonesia. Harga buku di daerah pelosok pun mahal sehingga orang enggan untuk membeli. Hal ini menyebabkan anak-anak tidak mempunyai kesempatan untuk menambah wawasan dan kesulitan untuk mewujudkan cita-citanya.
 
Melihat kondisi ini, kita tidak bisa hanya berpangku tangan. Ayo, ulurkan bantuan Anda melalui gerakan #BukuUntukIndonesia. Melalui gerakan ini, Anda dapat terlibat dalam penyediaan akses buku untuk anak-anak Indonesia.
 
Awali langkah kebaikan Anda dengan mengunjungi tautan www.BukuUntukIndonesia.com.  Klik tombol "berbagi" di website Buku Untuk Indonesia. Kemudian, Anda akan diarahkan ke halaman Blibli.com untuk memilih paket berbagi yang diinginkan.
 
Dengan berbagi minimal Rp100 ribu saja Anda sudah berpartisipasi untuk mewujudkan generasi penerus bangsa yang lebih baik. Nantinya, dana yang terkumpul melalui gerakan #BukuUntukIndonesia akan dikonversi menjadi buku dan disalurkan ke berbagai daerah di Indonesia.
 
(ROS)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif