Gunakan Ini untuk Menghilangkan Gatal dan Bengkak Gigitan Nyamuk

Torie Natalova 10 Juli 2018 11:19 WIB
kesehatan
Gunakan Ini untuk Menghilangkan Gatal dan Bengkak Gigitan Nyamuk
Berikut cara sederhana untuk menghentikan rasa gatal dengan cepat. (Foto: Matt Cannon/Unsplash.com)
Jakarta: Gigitan nyamuk bisa jadi begitu mengganggu karena dapat menyebabkan gatal atau bekas berwarna merah di kulit yang tentu dapat merusak penampilan Anda.

Menurut peneliti nyamuk Jonathan Day, semua mikroorganisme yang memberi makan darah memperkenalkan air liur ke dalam luka dan protein dalam air liur nyamuk mencegah pembekuan darah.

Ini memungkinkan nyamuk untuk mengekstrak darah Anda lebih cepat dan efisien. Setelah nyamuk selesai makan dan pergi, protein salivanya tetap di belakang. Sistem kekebalan Anda melihat protein tersebut sebagai zat asing dan menyerang dengan histamin sebagai respons terhadap iritasi dan lainnya. Histamin inilah yang menghasilkan gatal dan bengkak pada bekas gigitan nyamuk.


Tentu saja, cara terbaik menghentikan gigitan nyamuk adalah dengan mencegahnya menyentuh kulit Anda. Tapi, jika Anda termasuk orang yang sering digigit nyamuk, berikut cara sederhana untuk menghentikan rasa gatal dengan cepat.

(Baca juga: Gigitan Nyamuk Tak Selalu Berbahaya Bagi Anak)

1. Oleskan es
Es batu atau sesuatu yang cukup dingin dapat mencegah pembengkakan dan memberikan bantuan sementara dari rasa gatal. Es tidak akan menghapus protein air liur nyamuk, sehingga gigitan nyamuk mungkin dapat kembali terasa gatal setelah selesai mengoleskan es batu.


(Cara terbaik menghentikan gigitan nyamuk adalah dengan mencegahnya menyentuh kulit Anda. Foto: Billie/Unsplash.com)

2. Berikan losion calamine
Losion calamine dapat menenangkan kulit yang digigit nyamuk. Obat ini mengandung zinc oxide, yang telah lama dikenal memiliki sifat anti gatal.

3. Minum obat antihistamin
Kebanyakan obat antihistamin atau alergi, bekerja sebagian dengan mematikan respons histamin tubuh Anda. Karena respons histamin inilah yang menyebabkan pembengkakan dan gatal akibat gigitan nyamuk. Obat antihistamin yang diminum bisa jadi pilihan terbaik untuk Anda yang merasa gatal berlebih dari gigitan nyamuk.

4. Gunakan soda kue
Campur soda kue dengan sedikit air hingga membentuk seperti adonan pasta. Terapkan pada kulit yang digigit nyamuk dan terasa sangat gatal.

5. Mengoleskan krim hidrokortison
Agen anti peradangan topikal ini akan menjaga panas yang berhubungan dengan gigitan dan pembengkakan serta terbukti dapat mengurangi rasa gatal.





(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id