(Foto: Dlife)
(Foto: Dlife)

Kebiasaan Ini Bantu Cegah Diabetes pada Anak

Rona diabetes
Sri Yanti Nainggolan • 31 Oktober 2018 15:38
Jakarta: Tak sedikit orang berpikir bahwa masalah diabetes melitus (DM) hanya dialami orang dewasa. Padahal, anak kecil pun berisiko.
 
Data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyebutkan bahwa angka kejadian DM pada anak usia 0-18 tahun mengalami peningkatan sebesar 700 persen dalam jangka 10 tahun hingga 2018.
 
Untuk mencegah anak mengalami DM, Ketua IDAI DR dr Aman Bhakti Pulungan, Sp.A(K) memberikan tips bagi para orang tua yang bisa lebih diingat  dengan singkatan 5210.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Angka pertama merujuk pada berapa kali anak harus makan sayur dan buah dalam sehari, yaitu lima kali: sarapan, snack pagi, makan siang, snack siang, dan makan malam.
 
"Kemudian, anak maksimal duduk dua jam di luar saat duduk dalam mobil," ujarnya dalam temu media Anak Juga Bisa Diabetes, Rabu, 31 Oktober 2018.
 
Ketiga, angka 1 merujuk pada aktivitas fisik anak. Satu jam adalah waktu minimal anak bergerak atau berolahraga dalam sehari. Tak harus dilakukan dalam satu waktu, aktivitas fisik bisa dijeda, sesuai dengan kemampuan anak.
 
Terakhir, usahakan anak tidak mengonsumsi gula tambahan (zero added sugar). Kandungan tersebut umumnya terdapat pada banyak makanan atau minuman di sekitar anak seperti minumam energi, minuman ringan, kue, dan makanan manis lainnya. Sebaiknya, asupan gula dibatasi sejak usia dini.
 


 

(DEV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif