Normal atau tidak jika masker Anda bau? Berikut informasi selengkapnya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Normal atau tidak jika masker Anda bau? Berikut informasi selengkapnya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Apakah Normal Ketika Masker Anda Bau?

Rona masker masker kain
Kumara Anggita • 21 Mei 2020 06:00
Jakarta: Saat ini masker menjadi hal yang sangat tidak boleh terlupakan ketika pergi keluar. Oleh karena itu, kepedulian kita terhadap masker jadi meningkat.
 
Anda semakin tahu cara menggunakannya dengan benar, mana yang berkualitas bagus, dan membedakan mana yang bau. Nah, sekarang pertanyaannya, apakah normal ketika masker bebau tak sedap? Atau jangan-jangan itu hanya punya Anda?
 
Dilansir dari Refinary29, Darien Sutton, MD, seorang dokter darurat di Rumah Sakit Bellevue di New York City, bilang pertanyaan semacam ini sering muncul. Dan dia biasa bertanya kembali. “Berapa lama Anda menggunakan masker wajah tersebut?,” ujanrya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Alasan dia bertanya adalah karena bau adalah tanda bahwa sudah waktunya Anda untuk membuang masker sekali pakai, atau mencuci masker kain Anda.
 
"Ketika Anda menggunakan masker bedah, Anda bernapas di atasnya dan partikel pernapasan Anda mendarat di masker. Bakteri dalam partikel tersebut kemudian dapat tumbuh dan menyebabkan bau yang Anda rasa tidak enak,” jelas dr. Sutton.
 
Dia juga bilang bahwa jika dalam keadaan terdesak, tidak apa-apa untuk mengenakan masker sekali pakai lebih dari sekali, selama Anda berhati-hati untuk tidak mencemari diri sendiri. 
 
Ini artinya Anda harus melepaskan masker wajah Anda dengan benar (dari belakang, bukan depan), dan menyimpannya di tempat yang tepat. Jadi, jangan lupa untuk rutin mencuci masker kain Anda ya setiap kali habis Anda pakai.
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif