membuai merupakan gaya menggendong yang paling umum dilakukan hampir setiap orangtua. (Foto: Julie Johnson/Unsplash.com)
membuai merupakan gaya menggendong yang paling umum dilakukan hampir setiap orangtua. (Foto: Julie Johnson/Unsplash.com)

Membaca Kepribadian Orangtua dari Cara Menggendong Bayi

Rona keluarga bayi
Dhaifurrakhman Abas • 19 Desember 2018 11:52
Jakarta: Apakah Anda masih ingat cara petarung beladiri campuran, Conor McGregor menggendong putra sulungnya dengan satu tangan? Hal ini sempat menjadi perbincangan hangat di media arus utama. 
 
Sebagian kalangan mengkritik lantaran gaya menggendong si petarung Irlandia dianggap membahayakan bayinya. Tapi tak sedikit pula kalangan yang melontarkan pujian pada petarung flamboyan itu.
 
Uniknya, tanpa disadari, beberapa orangtua memiliki gaya tersendiri untuk menggendong bayi mereka. Gaya menggendong bayi ternyata juga menunjukkan karakteristik Anda sebagai orangtua. Berikut karakter orangtua dilihat cara menggendong bayi seperti dikutip Times of India.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


-Cradle hold
Cradle hold atau membuai merupakan gaya menggendong yang paling umum dilakukan hampir setiap orangtua. Pada gaya ini, kepala bayi ditopang menggunakan salah satu lengan tangan kanan atau kiri. Sementara lengan satunya menopang bayi di bagian punggung dan pinggulnya.
 
Gaya ini juga disebut dengan pose interaksi. Karena seolah-olah posisi Anda sedang berbicara dengan bayi yang sedang Anda gendong. Pandangan bayi pun menatap ke arah wajah Anda. Seakan memahami semua yang Anda ucapkan.
 
Jika suka melakukan gaya membuai, Anda dikategorikan sebagai orang yang ramah terhadap anak ketika ia tumbuh dewasa nanti. Posisi interaksi tatap muka ini juga menunjukkan bahwa Anda merupakan orangtua yang siap mendengar cerita dan suka-cita anak.
 
-Sling hold
Sling hold merupakan cara menggendong bayi menggunakan alat bantu selempang yang dililitkan ke tubuh Anda dan bayi. Alat ini memudahkan Anda untuk menggendong si kecil dengan cara yang praktis, tanpa membebani tangan Anda.
 
Jika suka menggendong bayi dengan pose ini, Anda dikategorikan sebagai orangtua yang praktis. Anda juga disebut sebagai orangtua yang siap mengajarkan anak berjuang dan mandiri.
 
-Chair hold
Posisi menggendong ini juga karib disebut hello-world hold. Sebab, memungkinkan bayi melihat apa yang terjadi di sekitarnya.  
 
Pose hello world atau chair hold ini membentuk bayi berada pada postur duduk dan bersandar rileks saat digendong. Pinggul bayi duduk di salah satu lengan tangan Anda, sementara tangan satunya memeluk bagian perut bayi.

Klik di sini: Perubahan Panggul yang Anda Alami Selama Kehamilan

Jika Anda menggendong bayi dengan cara ini, Anda adalah tipikal orangtua yang terbuka kepada anak. Anda dikategorikan orangtua yang tidak mengambil rute konvensional dalam kehidupannya kelak. 
 
Sebagai orang tua, Anda mungkin akan mendukung setiap pilihan yang anak inginkan dengan sepenuh hati. Tetapi Anda juga dapat bekerja ekstra untuk memastikan bahwa anak memilih dengan benar untuk kehidupannya di masa depan.
 
-Shoulder hold
Shoulder hold merupakan pose menggendong bayi sambil mengistirahatkan kepala bayi di pundak. Sementara salah tangan Anda, dilekatkan di sekitar pinggul. Adapun tangan satunya menopang bagian leher sampai kepala bayi bagian belakang.
 
Jika menggendong bayi dengan cara ini, Anda dikategorikan sebagai orangtua yang protektif. Sebab, posisi ini menunjukan bahwa Anda ingin memastikan tidak ada hal buruk yang terjadi pada si buah hati. Anda terus bertindak sebagai perisai untuk sang buah hati.
 
Rahasia Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat dan Awet Muda

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif