Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Cara Menidurkan Bayi Kembar

Rona bayi kembar tumbuh kembang bayi
Anda Nurlaila • 04 Desember 2019 16:00
Jakarta: Percaya atau tidak, memiliki anak kembar tidak berarti Anda harus kehilangan waktu tidur. Orang tua dapat membuat bayi kembar tetap dapat tidur nyenyak dengan beberapa cara.
 
Hal yang paling penting adalah membuat jadwal teratur untuk tidur dan menjadikannya rutinitas. Sehingga setelah beberapa lama, si kembar akan menyadari waktu tidur jika melakukan beberapa aktivitas di malam hari. Seperti dilansir Parents ada beberapa cara untuk menidurkan anak kembar:  

Jadwalkan waktu tidur

Membuat jadwal tidur untuk satu bayi itu penting, bahkan untuk dua bayi. Yang terbaik adalah menidurkan bayi pada jam yang sama setiap malam. Ketika satu bayi bangun, yang lain bangun juga. Jadwal yang sama pada akhirnya akan membuat mereka memiliki waktu makan, mandi, berpakaian dan waktu tidur yang sama.

Buat rutinitas sebelum tidur

Bayi tumbuh dengan konsisten, sehingga lakukan beberapa rutinitas sebelum tidur yang paling cocok untuk bayi kembar dan Anda sendiri. Mandi, membacakan buku sebelum tidur tampaknya cocok untuk sebagian besar anak. Ini adalah waktu yang tepat untuk menjalin ikatan dengan si kembar, jadi buatlah waktu ini bebas stres dan menyenangkan bagi Anda semua.
 
Cara Menidurkan Bayi Kembar

Tempatkan si kembar di ranjang yang sama

Menempatkan keduanya di tempat tidur yang sama akan lebih menenangkan seperti halnya di dalam rahim. Tapi kebiasaan ini yang mungkin hanya ingin Anda pertahankan sampai bayi berusia sekitar tiga bulan. Saat itu mereka akan mulai bergerak lebih banyak dan mungkin saling menyentuh, atau membangunkan satu sama lain.

Tidurkan di ruangan yang sama

Setelah lebih besar pisahkan tempat tidur mereka, namun tetap dalam satu ruangan. Pastikan juga mereka dapat saling melihat yang akan menenangkan bagi keduanya.

Letakkan mereka di tempat tidur saat mengantuk

Bawa anak ke tempat tidur saat mengantuk tapi masih bangun. Anda tidak ingin menggendong mereka saat tertidur tertutama kembar. Menggendong dan mengayun atau memberi makan bayi untuk tidur mungkin tampak tidak berbahaya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tapi jika terbiasa, mereka akan membutuhkannya setiap kali bangun di tengah malam. Dan jumlahnya bisa berlipat kalau Anda memiliki bayi kembar. Tujuannya adalah untuk mengajar mereka cara tidur sendiri.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif