Foto: beliefnet.com
Foto: beliefnet.com

Tips Memberi Saran Terbaik Untuk Teman

Rona keluarga
30 April 2015 02:08
medcom.id: Sebagai teman yang baik, memberikan saran kepada teman yang sedang dilanda masalah adalah hal yang mulia. Selain meringankan beban mereka, Anda juga bisa membantu mereka dalam melewati masalah mereka.
 
Tentu saja, teman-teman Anda meminta saran lantaran mereka mempercayai Anda. Untuk itu, Anda pasti akan melakukan yang terbaik tanpa melakukan hal yang salah.
 
Berikut beberapa cara terbaik dalam memberikan saran kepada teman yang sedang mengalami situasi sulit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


- Ajukan pilihan
Cara terbaik untuk memberikan saran adalah dengan mengajukan beberapa pilihan. Beritahu mereka tentang hal-hal yang bisa mereka lakukan. Diskusikan apa efek positif dan negatif dari setiap pilihan. Jangan terang-terangan memberitahu mereka apa yang harus dilakukan karena mereka sebenarnya tidak ingin Anda membuat keputusan bagi mereka. Mereka hanya ingin dibantu dalam membuat keputusan mereka sendiri.
 
- Tanyakan
Jangan berasumsi bahwa Anda tahu apa yang mereka rasakan dan mereka mungkin tidak bereaksi dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan. Anda perlu bertanya lebih jauh tentang apa yang mereka rasakan. Anda bahkan bisa mengajukan beberapa pertanyaan yang tidak pernah mereka pikirkan. Setelah Anda bertanya, mereka mungkin menyadari sesuatu.
 
- Dengarkan
Untuk bisa memberikan saran terbaik Anda, Anda harus mendengarkan dengan baik apa yang teman Anda katakan. Biarkan mereka curhat dan meluapkan emosi mereka. Ingat, jangan potong pembicaraannya di tengah-tengah kalimat. Tunggu sampai mereka mengatakan semuanya. Setelah selesai, makan kini giliran Anda untuk berbicara.
 
- Jangan menghakimi
Nasihat memang dibutuhkan oleh mereka, namun bukan berarti Anda harus menghakimi mereka, mengatakan bahwa mereka buruk atau menyalahkan mereka. Jika itu terjadi, mereka tidak akan pernah datang kepada Anda untuk meminta nasihat lagi. Jika Anda melakukan hal-hal yang tidak Anda sukai atau yang membahayakan bagi mereka, suarakan ketidaksukaan Anda. Namun, jangan terlalu keras karena Anda bisa kehilangan teman.
 
- Jangan terlalu membandingkan
Mungkin Anda pernah mengalami hal serupa seperti yang dialami teman Anda. Beritahu mereka bagaimana cara Anda mengatasinya, bagaimana Anda merasa sama bingungnya hingga Anda berhasil melewatinya tanpa cedera. Hanya saja, jangan terlalu banyak membandingkan dengan pengalaman Anda karena mereka akan merasa fokusnya diambil. Pastikan Anda selalu memperhatikan perasaan teman Anda dan menempatkan pikiran mereka yang utama.
 
- Selalu hadir
Jika Anda tidak punya kemampuan untuk memberikan saran, pastikan Anda ada disamping mereka. Berikan pelukan hangat Anda, dengarkan mereka dan biarkan mereka tahu Anda akan selalu ada untuk mereka. Setiap orang perlu tahu bahwa ada seseorang yang bisa dijadikan tempat bersandar saat masa-masa sulit. Bahkan jika Anda tak mampu membantu mereka, Anda akan membuat situasi sedikit membaik dengan keberadaan Anda. (Ningtriasih/Allwomenstalk)
 
(AWP)


social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif