Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Apakah Berpuasa Bisa Pengaruhi Kualitas dan Kuantitas ASI?

Rona tips menyusui Ramadan 2020 tips berpuasa
Kumara Anggita • 06 Mei 2020 16:09
Jakarta: Selama berpuasa, ada perubahan di sistem metabolisme dan homeostasis tubuh dan tentunya hal ini juga terjadi pada para ibu yang sedang meyusui.
 
Menurut dr. Riza Sulfianna, selaku konselor menyusui di Orami, ibu menyusui butuh tambahan kalori 300-500 kkal perhari (setara 2x camilan sehat). Sehingga total kalori yang dibutuhkan ibu menyusui sekitar 2500-2800 kkal perhari. Begitu juga dengan asupan cairan, ibu butuh 3,1-3,8 liter cairan perhari.
 
Ini artinya ibu menyusui butuh makan dan minum lebih banyak. Oleh karena itu, apakah momen puasa ini bisa mempengaruhi kualitas dan kuantitas dari ASI sendiri?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dokter Riza menjelaskan bahwa ada penelitian yang dilakukan oleh Rakicioglu et. al pada 2006 yang membahas tentang ibu menyusui yang menjalankan puasa Ramadan di Ankara, Turki dengan bayi berumur 2-5 bulan.
 
Penelitian ini menyimpulkan ibu menyusui yang berpuasa tidak mempengaruhi kuantitas atau jumlah ASI ibu selama berpuasa. Selain itu juga tidak terjadi perubahan komposisi makronutrien pada asi seperti karbohidrat, protein, dan lemak pada ASI.
 
Akan tetapi, penelitian ini menyebutkan terjadinya perubahan pada komposisi mikronutrien pada ASI seperti zinc ( zat besi ), potassium, dan magnesium.
 
Pada penelitian lain disebutkan produksi ASI ibu yang menjalankan puasa Ramadan tidak mengalami penurunan, kecuali bila ibu mengalami dehidrasi. Dehidrasi ditandai dengan rasa sangat haus, bibir kering, pusing, pandangan berkunang-kunang, sangat letih, jumlah BAK sangat sedikit, BAK sangat berbau, dan berwarna kuning pekat atau seperti teh.
 
“Jika ibu mengalami hal-hal tersebut, produksi ASI tentunya akan menurun karena tubuh mempertahankan cairan tubuh tetap stabil di organ penting seperti otak,” ujarnya dalam Ruang Konsul Mengasihi Saat Berpuasa di Orami.
 
Oleh karena itu, jangan sampai para ibu mengalami dehidrasi dalam masa ramadan ini. Pastikan saat sahur dan buka, kebutuhan air dan juga makanan bergizi sudah tercukupi. Selamat berpuasa!
 

(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif