Dengan melakukan persiapan, kalian jadi lebih mengetahui medan yang akan dihadapi. (Foto Ilustrasi: Antara Foto/ Fikri Yusuf)
Dengan melakukan persiapan, kalian jadi lebih mengetahui medan yang akan dihadapi. (Foto Ilustrasi: Antara Foto/ Fikri Yusuf)

Lima Langkah Mengatasi Kecemasan dalam Menghadapi UN

Rona ujian nasional psikologi remaja
Kumara Anggita • 28 Maret 2019 13:14
Mengontrol kecemasan pada level yang tepat sangat penting. Di sini ada lima langkah untuk mengatasi kecemasan agar bisa tetap fokus menghadapi ujian nasional.
 
Jakarta: Untuk kalian yang merasakan cemas menghadapi ujian-ujian, terutama Ujian Nasional (UN). Situasi ini merupakan hal yang wajar. Sebab kecemasan adalah alarm dalam tubuh kita untuk lebih waspada dan mempersiapkan diri dengan baik.
 
Selama kalian bisa mengontrolnya di level yang tepat, kalian bisa menjadikan kecemasan sebagai hal yang membantu diri kita dalam menghadapi UN.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut cara mengatasi kecemasan dalam menghadapi Ujian Nasional (UN) menurut Psikolog Klinis Dewasa, Ilham Anggi Putra, M.Psi., Psikolog.

-Persiapan yang mantap

Dengan melakukan persiapan, kalian jadi lebih mengetahui medan yang akan dihadapi. Dengan seperti itu, kalian menjadi lebih percaya diri dan rasa cemas itu menjadi berukurang.
 
“Pertama, persiapkan hal-hal yang bisa membantu anda mengurangi kecemasan serta kenali juga sumber-sumber yang dapat membantu anda dalam mengelola kecemasan. Misalnya persiapkan materi apa saja yang akan dipelajari. Apakah sudah lengkap atau belum. Kemudian lingkungan atau kondisi seperti apa yang bisa membantu anda dalam belajar, gaya belajar apa yang efektif menurut anda,” tutur Ilham kepada Medcom.id.

-Berpikir positif

Seringkali kecemasan membuat kalian jadi berpikir negatif. Padahal pikiran negatif akan menarik kalian ke situasi yang negatif pula. Dalam menghadapi ujian, kalian perlu mengondisikan diri kalian pada suasana yang positif. Misalnya dengan mengubah pola pikir menjadi lebih positif melalui kutipan-kutipan yang bersifat membangun.
 
“Terus juga pemikiran negatif untuk diatasi dengan cara coba kutipan-kutipan positif yang relevan dan efektif dengan kamu,” lanjutnya.

-Mengatur pernapasan

Teknik pernapasan walaupun terdengar sepele ternyata bisa banyak membantu kalian dalam mengontrol kecemasan. Menarik dan membuang napas akan membuat kalian terasa relaks, sehingga kalian bisa menjadi fokus setelahnya.
 
“Atau pakai teknik pernapasan relaksasi, coba tarik dan buang napas. Ini bisa mengurangi deg-degan. Dengan seperti itu, kita jadi tidak fokus sama deg-degannya, ataupun cemasnya. Apabila sudah lebih tenang, akan membuat kita jadi bisa belajar,” tutur Ilham.

Baca juga: Pentingnya Membersihkan Wajah setelah Berolahraga

-Kenali dan hindari situasi yang membuat Anda cemas

Dalam hal ini, kalian perlu untuk lebih sensitif. Perhatikan situasi macam apa yang membuat kalian merasa cemas. Ketika kalian mengetahui hal-hal yang memicu hadirnya kecemasan, hindarilah hal-hal tersebut khususnya sebelum ujian.
 
“Hindari situasi yang membuat kalian cemas, misalnya melihat orang-orang belajar membuat cemas, kalian bisa pergi ke ruangan lain. Atau bisa juga estimasi waktu kapan harus bangun tidur, kapan harus berangkat dan kapan harus sampai di sekolah.” ujar Ilham.

-Sarapan dan tidur yang cukup

Datangnya kecemasan membuat beberapa orang jadi tidak nafsu makan dan sulit tidur. Padahal, sebelum ujian penting bagi kalian untuk mendapatkan energi yang cukup agar fokus. Oleh karena itu, jangan sampai kalian lewatkan sarapan serta tidur yang cukup ya.
 
“Saat ujian pasti kita akan membutuhkan energi agar dapat konsentrasi. Dengan tidur yang cukup dan sarapan yang tepat, akan membuat kita lebih fit dan lebih siap untuk menghadapi ujian,” tuturnya
 
Kalian bisa menerapkan lima langkah ini untuk mengatasi kecemasan dalam menghadapi UN. Dengan seperti itu, mudah-mudahan kecemasan kalian bisa mengelola agar menjadi lebih optimal.
 
(FIR)


social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif