Ilustrasi--Pexels
Ilustrasi--Pexels

Bunda, Asuh Anak Perempuan Jadi Pemberani, Ini Alasannya

Rona pendidikan anak
Anda Nurlaila • 04 Juli 2019 07:08
Mengajarkan keberanian kepada anak perempuan adalah hal yang penting. Orangtua diharapkan tidak mengajari anak perempuan untuk menghindari risiko dan kegagalan.
 
Jakarta:
Anak laki-laki dibesarkan untuk menjadi seorang pemberani, dan anak perempuan menjadi sempurna. Sekarang saatnya mengubah cara membesarkan buah hati Anda.
 
Pendiri Girls Who Code Reshma Saujani dalam suatu acara mengatakan pentingnya mengajarkan anak perempuan untuk menjadi tidak sempurna dan mengambil risiko. Dia bercerita pengalamannya sendiri. Bertahun-tahun berada di balik layar politik, Saujani berpikir untuk menantang status quo dengan menjadi seorang anggota Kongres.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski dikucilkan sebagian orang yang menganggapnya melakukan hal gila, ia tetap dengan pendiriannya. Di hari pemilihan ia kalah dengan capaian 19 persen suara. Tetapi baginya ini bukan sebuah kegagalan. Di usia 33 tahun ia merasa berhasil melakukan hal yang berani.
 
Hal ini menyadarkannya bahwa banyak orangtua mengajari anak perempuan untuk menghindari risiko dan kegagalan. Sejak kecil anak perempuan diajari tersenyum cantik, main yang bersih dan selalu berprestasi. Sebaliknya, anak laki-laki diajari bermain fisik, seperti melompat, memanjat dan semua jenis permainan yang membutuhkan keberanian.
 
"Saat dewasa, wanita kurang terwakili di banyak tempat strategis karena sejak kecil anak perempuan tidak dibesarkan untuk menjadi pemberani dan mampu mengambil risiko," katanya kepada Parents.
 
Saujani kemudian mendirikan Girls Who Code pada 2012 untuk membuat perbedaan. Awalnya, kata Saujani, mulailah dengan membatalkan semua  kesempurnaan saat mengasuh anak perempuan. Menurutnya banyak perempuan yang takut bertanya, mengangkat tangan karena perasaan malu dan takut karena anggapan hanya dirinya yang tidak mengerti sesuatu.
 
"Ketika kita mengajari para gadis muda untuk berani dan memiliki jaringan yang mendukung mereka, anak perempuan akan tumbuh dan mencipta dan membangun hal-hal luar biasa. Mereka tidak akan menunda impian mereka," kata Saujani.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif