Darimana asal sejarah Pinky Promise? Simak informasinya. (Foto: Ryan Franco/Unsplash.com)
Darimana asal sejarah Pinky Promise? Simak informasinya. (Foto: Ryan Franco/Unsplash.com)

Sejarah Mengerikan Janji Kelingking

Rona sejarah
Dhaifurrakhman Abas • 14 Desember 2018 19:17
Jakarta: Mungkin sebagian besar dari kita pernah melakukan janji kelingking. Entah itu ketika dewasa, atau saat masih kecil dulu.

Janji jari kelingking merupakan sebuah aksi saling menjalinkan jari kelingking bersama orang lain sambil mengikrarkan sebuah janji. Di Amerika, janji ini karib disebut pinky promise.

Meski lebih tenar dengan sebutan pinky promise, nyatanya janji ini bukan berasal dari Amerika. Mengutip Times of India, pinky promise ini konon berasal dari budaya negara Jepang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Di negara matahari terbit, pinky promise dikenal dengan sebutan 'yubikiri', yang berarti “memotong jari”.  Beberapa bahkan mengatakan bahwa janji ini diciptakan oleh mafia Jepang, Yakuza.
(Meski lebih tenar dengan sebutan pinky promise, nyatanya janji ini bukan berasal dari Amerika. Mengutip Times of India, pinky promise ini konon berasal dari budaya negara Jepang. Foto: Ilustrasi. Dok. Alex Knight/Unsplash.com)

(Baca juga: Para Penjaga Budaya)

Yubikiri dianggap sebagai penghargaan tertinggi dari seluruh janji. Sebab, orang-orang Jepang percaya bahwa jika melanggar yubikiri, Anda harus memotong jari kelingking sebagai balasannya.

Budaya janji rupanya juga ada pada budaya Ibrani. Bentuk perjanjian di sana dengan menyentuh paha orang yang dijanjikan kemudian mengumbar janji dan dicantumkan dengan darah.

Ya, menyeramkan bukan? Omong-omong, sudah berapa kali Anda melanggar janji hingga hari ini?




(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi