Lakukanlah beberapa gerakan yang tak sulit dan tentunya menyenangkan buat mereka. (Foto: Ilustrasi Pexels)
Lakukanlah beberapa gerakan yang tak sulit dan tentunya menyenangkan buat mereka. (Foto: Ilustrasi Pexels)

Ide Olahraga yang Menyenangkan bersama Anak di Rumah (Bag-1)

Rona tips berolahraga covid-19 social distancing Olahraga Bersama Anak
A. Firdaus • 28 April 2020 14:06
Jakarta: Pandemi covid-19 yang belum usai membuat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diperpanjang. Tak ayal situasi ini membuat sebagian anak mulai jenuh berada di rumah.
 
Butuh inisiatif orang tua untuk bisa membuat Anak betah di rumah. Salah satunya dengan melakukan olahraga. Lakukanlah beberapa gerakan yang tak sulit dan tentunya menyenangkan buat mereka.
 
Klaudia Mere, seorang binaragawati dan instruktur kebugaran coba membagikan ide olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah bersama Anak. Menurutnya, gerakan-gerakan ini bermanfaat untuk membantu mereka membangun otot, memperkuat tulang, meningkatkan fleksibilitas, dan bahkan membakar kalori.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tidak memerlukan peralatan, atau ruang luar yang besar," terang Klaudia kepada Medcom.id.
 
Setidaknya ada 9 gerakan yang bisa dilakukan, lima di antaranya bakal dijabarkan di artikel pertama ini, plus tata cara dan manfaatnya:

1. High knees

Latihan kardio-intensif yang dapat dilakukan di mana saja tanpa menggunakan alat. Gerakan ini melibatkan otot inti, memperkuat semua otot di kaki, meningkatkan detak jantung Anda dan anak Anda.
 
"Tidak hanya itu, gerakan high knees juga dapat membantu meningkatkan kerja otak serta koordinasi dan fleksibilitas pada Anda dan anak-anak," ujar Klaudia.
 
Ide Olahraga yang Menyenangkan bersama Anak di Rumah (Bag-1)
Angkat lutut setinggi-tingginya dan lakukan ini dalam 20 detik. (Foto: Dok Klaudia Mere)
 
Untuk melakukan gerakan ini, berlarilah di tempat dengan mengangkat paha satu-satu setinggi-tingginya. Anda dapat melakukan ini selama 20 detik atau sampai anak Anda lelah.

2. Burpees

Gerakan ini adalah salah satu latihan berat badan paling efektif dan efisien, yang untungnya bisa Anda lakukan bersama anak Anda.
 
"Gerakan burpees tidak hanya berfungsi membangun stabilitas, tetapi juga memperkuat setiap kelompok otot utama," terang Klaudia.
 
Selain itu, gerakan ini dapat membantu meningkatkan pernapasan Anda dan merangsang metabolisme. Anda juga melakukan Burpes dasar tanpa push up.
 
Caranya:
-Berdirilah sambil meregangkan kedua telapak kaki selebar bahu. Biarkan lengan menggantung di sisi tubuh sambil meluruskan kedua lutut.
 
-Tekuk kedua lutut lalu turunkan tubuh untuk melakukan squat. Condongkan tubuh ke depan lalu tekuk sedikit kedua lutut untuk menurnkan tubuh ke lantai seperti ingin jongkok. Pastikan Anda tetap meluruskan punggung dan mendekatkan kedua lengan ke sisi tubuh.
 
-Letakkan telapak tangan di lantai di depan telapak kaki. Pastikan kedua lengan tegak lurus dengan lantai agar telapak tangan berada tepat di bawah bahu. Luruskan siku, tetapi jangan dikunci.
 
Ide Olahraga yang Menyenangkan bersama Anak di Rumah (Bag-1)
Meletakkan telapak tangan di lantai di depan telapak kaki. (Foto: Dok Klaudia Mere)
 
-Lakukan membentuk postur plank dengan melompat ke belakang. Sambil meletakkan telapak tangan di lantai untuk menyangga tubuh, melompatlah ke belakang dengan kedua kaki secara bersamaan lalu renggangkan telapak kaki selebar bahu. Usahakan agar tubuh membentuk garis lurus dari kepala sampai tumit. Jika pinggul lebih tinggi daripada bahu, turunkan sedikit.
 
-Angkat tubuh dari lantai lalu melompatlah ke depan. Tekan kuat-kuat kedua telapak tangan ke lantai untuk mengangkat tubuh. Tekuk kedua lutut lalu melompatlah ke depan agar kedua kaki berada di bawah dada. Lakukan langkah ini sambil bergerak mengalir.
 
-Melompatlah ke atas untuk mengakhiri gerakan burpee. Setelah kedua telapak kaki berada di bawah dada, melompatlah sambil meluruskan lengan ke atas lalu mendarat sambil berdiri. Untuk mengakhiri gerakan burpee, Anda boleh melompat setinggi mungkin atau sesuai kemampuan.
 
Lakukan gerakan ini dengan mengulanginya selama 30-40 detik.

3. Jumping jacks

Atau biasa dikenal dengan star jumps. Gerakan yang paling menyenangkan untuk anak-anak. Star jumps membutuhkan gerakan seluruh tubuh. Gerakan ini bagus untuk meningkatkan detak jantung dan stamina.
 
Ide Olahraga yang Menyenangkan bersama Anak di Rumah (Bag-1)
Gerakan yang sangat disukai anak-anak. (Foto: Dok. Klaudia Mere)
 
Caranya: Berdiri tegak dan kemudian melompat dengan ekplosif ke udara, rentangkan kaki dan lengan Anda sehingga Anda terlihat seperti X besar di udara. Kemudian kembali ke posisi dengan kaki menyatu dan lengan di samping. Agar lebih seru, ketika melompat lakukan sambil bertepuk tangan dan teriak, 'Saya seorang bintang'.

4. Frog jumps

Merupakan latihan plyometrik dan tujuan dari gerakan ini adalah untuk mendapatkan massa otot dan mendapatkan otot yang cepat, tegas, dan kuat. Latihan plyometic meningkatkan detak jantung dan membantu membangun kebugaran kardio dan daya tahan otot.
 
Ide Olahraga yang Menyenangkan bersama Anak di Rumah (Bag-1)
Setidaknya lakukan 10 lompatan atau semampu anak Anda. (Foto: Dok Klaudia Mere)
 
Caranya:
-Berdiri tegak dengan kaki selebar bahu.
-Berjongkk serendah mungkin, tangan di tanah.
-Lompat maju sejauh yang Anda bisa.
-Berhentilah sejenak untuk bernapas dan melompat tinggi, ulangi sampai 10 lompatan atau semampu yang Anda dan anak Anda bisa.

5. Push up

Anak-anak Anda mungkin akan mengejutkan Anda dengan kekuatan mereka. Anak-anak seringkali dapat melakukan push-up lebih banyak daripada orang dewasa.
 
Mereka dapat melakukannya dengan berlutut atau dengan kaki. Sesuai dengan kemampuan mereka. Jangan khawatir, jika mereka tidak memiliki bentuk form yang tepat, mereka akan tetap mendapatkan latihan yang baik bersama Anda.
 
Ide Olahraga yang Menyenangkan bersama Anak di Rumah (Bag-1)
Anak-anak bisa melakukannya dengan berlutut atau dengan kaki. Sesuai dengan kemampuan mereka. (Foto: Dok. Klaudia Mere)
 
Caranya: Posisi awal tidur terungkap dengan tangan di sisi kanan kiri badan. Kemudian badan didorong ke taas dengan kekuatan tangan. Posisi kaki bisa lurus atau bisa ditekuk dan badan tetap lurus atau tegap.
 
(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif