Seringkali manusia tidak meyakini intuisinya. Padahal jika digunakan dengan tepat, bisa membawa Anda pada keuntungan. (Foto Ilustrasi: Ben White/Unsplash)
Seringkali manusia tidak meyakini intuisinya. Padahal jika digunakan dengan tepat, bisa membawa Anda pada keuntungan. (Foto Ilustrasi: Ben White/Unsplash)

Cara Menggunakan Intuisi Anda

Rona psikologi
Kumara Anggita • 17 Mei 2019 16:35
Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Sepertinya pemahaman itu tiba-tiba saja datangnya dari dunia lain dan di luar kesadaran.
 
Jakarta:
Saat bertemu seseorang atau di suatu tempat tiba-tiba sesuatu dalam diri Anda mengatakan bahwa 'Sesuatu rasanya tidak benar'. Ini disebut dengan intuisi.
 
Seringkali manusia tidak meyakini intuisinya. Padahal jika digunakan dengan tepat, bisa membawa Anda pada keuntungan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melansir dari Huffington Post, penulis dan pelatih bisnis Craigh Wilson percaya bahwa intuisi adalah hal yang nyata dan dapat digunakan untuk keuntungan jika Anda tahu cara menyetelnya. Dia percaya semua orang memiliki kemampuan ini.
 
"Intuisi adalah puncak dari pengalaman, naluri, dan indera. Intuisi termasuk sentuhan yang tinggi, penglihatan, penciuman, rasa, pendengaran dan perasaan," kata Wilson.
 
Menurutnya salah satu bentuk intuisi yang bisa Anda andalkan adalah ketika Anda menjabat tangan seseorang untuk pertama kali. Secara naluriah, Anda merasakan orang tersebut dapat dipercaya atau tidak.
 
Ini adalah perasaan yang mengetahui banyak hal dan akan memberitahu Anda ketika ada sesuatu yang salah. Karena itu, tak ada salahnya untuk lebih mendengarkannya lebih dalam lagi.
 
"Anda mungkin tidak tahu persis mengapa atau memiliki alasan logis untuk merasa seperti itu, tetapi pada saat itu, Anda tahu untuk mendengarkan dan memercayai perasaan bahaya yang luar biasa itu. Sebaliknya intuisi  juga bisa menjadi perasaan hangat damai secara batin dan cinta yang Anda rasakan dalam hati Anda. Mengetahui bahwa semuanya akan baik-baik saja," kata Wilson.
 
Menurutnya waktu paling tepat untuk menggunakan intuisi adalah saat Anda dalam keadaan tenang. Jangan gunakan intuisi Anda saat sedang stres atau yang berkaitan dengan adrenalin.
 
"Jangan menggunakan intuisi Anda jika Anda menggunakan kepala Anda terlalu banyak. Jika Anda menggunakan ego Anda pada saat itu, intuisi Anda tidak akan bisa datang. Umumnya ini adalah tempat ketakutan, jadi itu tak begitu baik karena Anda akan terlalu reaktif, " sambungnya.
 
Berikut cara yang bisa Anda terapkan untuk menggunakan intusi Anda. Tutup mata Anda selama satu hingga dua menit, lalu ikuti langkah-langkah ini:
 
1. Dengarkan dan lepaskan pikiran Anda.
 
2. Biarkan semua emosi Anda maju.
 
3. Lepaskan emosi negatif melalui tubuh Anda, lantai dan lalu ke bumi.
 
4. Visualisasikan dan rasakan saat-saat bahagia. Ini bisa anak-anak, pasangan, keluarga atau hewan Anda. Cintai dengan sepenuh hati.
 
5. Berasal dari tempat yang lebih bahagia dan lebih penuh kasih, kini percayalah pada intuisi Anda.
 
Wilson menambahkan bahwa dengan membersihkan pikiran dari hal negatif membersihkan hati dari ketakutan sehingga membuat ego Anda jadi kurang terancam. Kuncinya, semakin Anda terhubung dan mencintai diri Anda maka semakin sedikit ruang untuk ego Anda.
 
"Lepaskan ego Anda hari ini dan gunakan kekuatan intuisi Anda untuk terhubung lebih dalam dengan semua hubungan Anda menjadi lebih baik. Mempelajari cara mengakses dan menggunakan intuisi yang diberikan dengan tepat, dapat membantu Anda berpikir lebih baik, merasa lebih baik dan menjadi lebih adil lebih sehat,“ tutupnya.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif