Tahun baru identik dengan resolusi. (Ilustrasi/Pexels)
Tahun baru identik dengan resolusi. (Ilustrasi/Pexels)

Strategi Jitu agar Resolusi Tahun Baru Tetap Berjalan

Rona tahun baru resolusi
Anda Nurlaila • 08 Januari 2020 06:05
Jakarta: Tahun baru identik dengan resolusi. Namun sebagian besar orang sulit mempertahankan pencapaian demi tujuan yang direncanakan di awal tahun.
 
Alih-alih melihat resolusi sebagai proyek besar yang berlangsung setahun penuh, konsentrasikan membuat perubahan setiap minggu di hari Senin.
 
Dilansir dari WebMD, jika Anda merasa melakukan hal-hal yang mengacaukan resolusi, masih ada kesempatan lain memperbaikinya dalam beberapa hari ke depan. Bila memutuskan untuk memiliki gaya hidup dan makan sehat,  sebaiknya lakukan "Pengaturan Ulang di hari Senin". Idenya, Anda hanya mempertahankan pola hidup sehat selama seminggu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami benar-benar ingin ada perubahan pola pikir. Jika Anda memikirkan resolusi Tahun Baru, Anda memilih satu hari dalam setahun untuk memulai perubahan. Jika gagal melakukannya, Anda merasa akan menundanya hingga tahun depan," jelas direktur pelaksana The Monday Campaigns Ron Hernandez.
 
"Tetapi jika memulai di hari Senin, Anda memiliki 52 peluang dalam setahun. Jika gagal dalam satu minggu, selalu ada peluang lain, jadi Anda tidak perlu menunggu selama itu untuk melakukan perubahan," katanya.
 
Setiap memasuki hari senin, integrasikan dalam diri Anda, "Saya akan membuat pilihan yang lebih baik," tambahnya.
 
Sebuah studi yang dilakukan dengan Sekolah Kesehatan Publik Johns Hopkins Bloomberg menemukan bahwa orang sering menggambarkan hari Senin sebagai hari mereka mencari informasi kesehatan. "Senin menjadi isyarat, dan jika Anda memulai minggu dengan baik, Anda lebih mungkin untuk melakukannya selama sisa minggu ini," katanya.
 
Kampanye Senin baru-baru ini mensurvei hampir 1.000 orang dewasa. Sebanyak 60 persen berkulit putih, 14 persen berkulit hitam dan 18 persen Hispanik. Sementara 8 persen sisanya diidentifikasi sebagai "lainnya."
Strategi Jitu agar Resolusi Tahun Baru Tetap Berjalan
(Ilustrasi/Pexels).
 
Hanya sekitar seperempat dari responden mengatakan mereka menjaga resolusi mereka sepanjang tahun. Dua puluh persen melakukannya hanya dua minggu. Beberapa tantangan mempertahankan resolusi adalah kurangnya disiplin, memulai dan tidak melihat hasil dengan cukup cepat.
 
Tiga perempat responden mengatakan berpikir menyegarkan tujuan di hari Senin membantu mempertahankan resolusi mereka.
 
Ahli gizi Samantha Heller mengatakan gagasan menyegarkan tujuan resolusi membuatnya lebih realistis, lebih dapat dicapai dan tidak terlalu menakutkan daripada resolusi selama setahun.
 
"Anda dapat menggunakan hari Senin untuk berefleksi dan belajar. Jika tujuan saya adalah makan sayur di waktu makan siang setiap hari, bagaimana saya melakukannya? Jika saya dapat melakukannya selama tiga hari bagaimana melakukannya agar lebih baik," kata Heller.
 
Orang kerap membuat resolusi apakah mereka sial atau tidak. Tapi perubahan yang sukses membutuhkan perencanaan matang. Jika ingin makan lebih sehat setiap hari, rencanakan waktu berbelanja dan menyiapkan makan siang Anda. "Belajar membuat rencana dan sisihkan waktu untuk mencapai tujuan Anda," kata Heller.
 
Jika tidak mencapai tujuan Anda minggu ini, evaluasi yang terjadi dan mulai lagi di hari Senin berikutnya. Heller menekankan penting untuk bersikap baik kepada diri sendiri jika Anda melanggar.
 
"Perubahan itu sulit dan tidak ada perbaikan cepat. Mulailah mengambil langkah demi langkah. Gunakan hari Senin untuk menilai kembali, belajar, dan mulai melakukan sesuatu untuk menjadi orang yang bahagia dan sehat," tambah Heller.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif