Rinaldy Yunardi (Foto: MI/Arya Manggala)
Rinaldy Yunardi (Foto: MI/Arya Manggala)

Usai Raih WOW 2019, Rinaldy Yunardi akan 'Bagi-bagi' Ilmu

Rona fashion gaya
Sunnaholomi Halakrispen • 31 Oktober 2019 15:34
Jakarta: Karya desain Rinaldy Yunardi semakin mendunia atas kemenangannya dalam ajang desain bergengsi, WOW (World of WearableArt) Awards 2019, Wellington, Selandia Baru. Ia mengaku bersedia membimbing orang lain soal desain.
 
"Kalau bisa, harus sudah matang. Saya membimbing bukan berarti mengajar. Karena kalau mau ikut lomba ajang besar lalu ketemu wartawan tapi belum paham desain kan nanti ditanya enggak bisa jawab," ujar Yungyung, sapaannya, di Seia Menara Astra, Jakarta.
 
Nantinya, akan terlihat atau ketahuan bahwa hasil karya tersebut bukan dari hatinya. Hal itu dinilai sangat penting bagi Yungyung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena bukan hanya bisa membuat tapi juga harus bisa memberikan arti, nilai," tuturnya.
 
Mereka, para calon desainer yang ingin dibimbing oleh Yungyung, harus sudah bisa menjelaskan karyanya dengan hati. Pastinya, bukan desainer pemula yang membutuhkan belajar desain dari nol. Ia memaparkan, hasilnya memang berbeda antara orang yang menghapal dengan yang mengungkapkan dari hati.
 
"Lebih baik yang sudah jauh mengerti, lebih tahu tentang desain, bukan anak baru yang enggak tahu apa-apa. (Dibimbing) kanan sedikit lalu bagaimana ke sananya. Kalau baru nanti jadinya kayak (desain untuk) lomba sekolah," paparnya.
 
Sementara itu, Yungyung mengaku bahwa hingga saat ini telah banyak pihak yang mengundang dirinya sebagai pembicara, baik di workshop, seminar, atau acara lain. Namun ditekankannya, bukan harus mengajar dari nol.
 
"Saya ingin mengajar bagaimana mengembangkan kreativitas. Kalau saya mengajar dari nol, capek lah ya. Adanya cuma main-main nanti," tuturnya.
 
Singkatnya, orang yang sudah memiliki skill dan kreativitas. Contohnya, ada orang yang mendatanginya membawa karton, kawat, selang, untuk bagaimana bisa dikembangkan.
 
"Dari situ saya bilang kalau saya bantu mereka mengembangkan apa yang mereka kerjakan. Karena yang paling susah itu mengembangkan, ke mana lagi, bagaimana mendapatkan inspirasi," tegasnya.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif