Artis Carissa Putri saat menghadiri acara talk show Mempererat Ikatan Ibu dan Anak dengan Metode Read-Aloud'' (Foto: Dhaifurrakhman Abas/Medcom.id)
Artis Carissa Putri saat menghadiri acara talk show Mempererat Ikatan Ibu dan Anak dengan Metode Read-Aloud'' (Foto: Dhaifurrakhman Abas/Medcom.id)

Carissa Putri Beberkan Rahasia agar Anak Minat Baca

Rona minat baca
Dhaifurrakhman Abas • 13 Desember 2018 14:15
Jakarta: Read Aloud atau membaca keras menjadi metode baru untuk meningkatkan minat baca pada anak. Sebabnya metode ini mengandalkan seni membacakan buku secara teatrikal.

Hal ini pada akhirnya membuat buku yang diceritakan pada anak menarik untuk disimak. Ahli bedah buku dan penulis, Roosie Setiawan, mengatakan, daya tarik mendengar apa yang dibacakan, berkesinambungan pada daya pikat membaca literasi di kemudian hari.

"Hal ini diharapkan meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia yang sampai detik ini masih terlampau rendah," kata Roosie di Rumah Maroko, Jakarta, Rabu 12 Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Metode Read Aloud ini akan lebih optimal jika dilakukan oleh orang tua perempuan. Anak cenderung lebih suka mendengar suara dari orang yang mengandungnya selama sembilan bulan itu. "Karena sejak di dalam rahim, anak sudah terbiasa mendengar suara ibunya," tutur Roosie.

Klik di sini: Mikha Tambayong 'Kecanduan' Jamu sejak Kecil

Apalagi, jika sang ibu piawai dalam seni peran. Hal ini sangat membantu mengoptimalkan metode Read Aloud ini. Sebab, kepiawaian seni peran akan menciptakan karakter yang ada di dalam buku semakin hidup dan semakin membuat cerita menarik untuk disimak.

"Ini akan membentuk anak cerdas dalam mengasah kemampuan membaca serta menyampaikan kosakata," ungkapnya.

Artis layar lebar, Carissa Putri, yang hadir pada acara tersebut mengamini. Sebagai seorang seni peran, Carissa sering memadukan kemampuannya itu ke dalam metode Read Aloud yang ia terapkan pada dua buah hatinya.

Hasilnya pun terbukti ampuh. Putra sulungnya sudah bisa membaca dengan cepat dan tertarik membaca buku ensiklopedia sebelum berusia lima tahun.

"Gara-gara harus baca setiap hari dari yang tadinya enggak bisa membaca, menjadi lancar baca ketika umur 5 tahun," ujar Carissa.

Namun untuk para ibu yang bukan merupakan seniman peran, tak perlu khawatir. Ada tips menarik dari Carissa yang mungkin bisa Anda terapkan dalam menerapkan metode Read Aloud pada anak.

"Jelaskan intonasi dari tanda baca yang ada di buku. Kemudian dalami karakter yang beda-beda, misalnya ada tikus dan kodok. Hidupkan karakter dengan memainkan ramanya," pungkas Carissa.

Tips Meningkatkan Minat Baca Anak



(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi