NEWSTICKER
Banjir yang surut memang bikin lega namun di saat bersamaan Anda juga merasa frustasi karena rumah jadi begitu kotor. (Ilustrasi/Pexels)
Banjir yang surut memang bikin lega namun di saat bersamaan Anda juga merasa frustasi karena rumah jadi begitu kotor. (Ilustrasi/Pexels)

Cara Efektif Membersihkan Rumah Setelah Banjir Surut

Rona tips saat banjir
Kumara Anggita • 02 Januari 2020 15:47
Jakarta: Banjir yang surut memang bikin lega namun di saat bersamaan Anda juga merasa frustasi karena rumah jadi begitu kotor. Saat itu terjadi, Anda tidak tahu mau mulai dari mana.
 
Tak perlu khawatir, karena ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar membersihkan rumah Anda menjadi lebih mudah dan efektif.
 
Berikut beberapa hal yang dilakukan setelah banjir surut dari Kementrian Kesehatan:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


- Secepatnya membersihkan rumah
 
Lumpur akan ada dimana-mana. Hal pertama yang Anda lakukan adalah membersihkannya dengan menggunakan antiseptic untuk membunuh kuman penyakit. 
Cara Efektif Membersihkan Rumah Setelah Banjir Surut
Ilustrasi/Pexels
 
- Gunakan air bersih
 
Tentunya, Anda perlu menggunakan air bersih. Ini untuk mengurangi risiko terkena penyakit diare yang sering muncul saat musim banjir.
 
- Keringkan peralatan listrik
 
Setelah banjir surut dan keadaan aman, keringkan dengan sempurna peralatan listrik (misalnya saklar, stop kontak, kabel-kabel) yang sempat terendam banjir sebelum digunakan kembali. Hati hatilah dengan kabel listrik yang terbuka atau terputus baik didalam rumah maupun di lingkungan 
 
- Bersihkan tempat penyimpanan air atau kolam 
 
Untuk membersihkan bagian ini, gunakanlah  tawas atau klorin. 
 
- Bersihkan peralatan dapur
 
Bersihkan dapur dan peralatannya dengan baik dan hati-hati. Gunakan cairan antiseptic untuk membersihkannya. 
 
- Amankan alat masak
 
Bersihkan kompor gas, tabung gas dan selangnya dengan sempurna. Yakinkan tidak ada kebocoran. 
 
- Hati-hati dengan puing
 
Hati-hati disaat membersihkan puing-puing atau benda-benda yang terbawa arus banjir, karena kayu bisa saja runcing, paku, seng atau benda tajam dan runcing lainnya. Hati-hati karena luka kecil bisa saja berakibat fatal akibat air yang tercemar maupun benda yang tercemar. 
 
- Pakai sepatu boots dan sarung tangan
 
Gunakanlah sepatu boots dan sarung tangan disaat membersihkannya, bersihkanlah tubuh dengan sabun antiseptik setelah membersihkan rumahdan sekitarnya. Hindarkan anak-anak bermain-main di area yang sedang dibersihkan. 
 
Rebuslah air sebelum dikonsumsi
 
Untuk dikonsumsi, pastikan Anda menggunakan air bersih yang tidak terkontaminasi oleh banjir. Jangan lupa untuk merebus air terlebih dahulu agar bakteri-bakteri mati.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif