Minyak Zaitun untuk Basmi Kutu Rambut Anak
Menurut ahli, minyak zaitun adalah salah satu perawatan yang paling efektif untuk membasmi kutu rambut. (Foto: Mariana Medvedeva/Unsplash.com)
Jakarta: Mayoritas serangan kutu menyerang dari bulan September-Oktober, meskipun memang kutu dapat muncul kapan saja. Sekolah merupakan salah satu tempat yang paling sering menularkan serangan kutu ini.

Pada anak-anak, mereka mendapatkan kutu karena berhubungan dekat satu sama lain atau memiliki kontak langsung ketika mereka bermain bersama.

Beberapa hal yang biasanya tidak menyebarkan kutu seperti kontak dengan syal, topi dan pakaian lainnya, serta menggunakan sisir dari orang yang memiliki kutu.


Jika anak Anda mulai sering menggaruk rambut atau bagian kepalanya, mengeluh kulit kepalanya gatal hingga susah tidur di malam hari, atau merasa yang berjalan di rambutnya, ini mungkin anak Anda memiliki kutu.

Meski kutu tidak berbahaya, tapi ini dapat mengganggu kenyamanan anak-anak. Dan jika Anda membiarkannya, kutu tidak akan pergi dan akan bertambah banyak.

(Baca juga: Ini Ciri-ciri Rambut Anak Anda Berkutu)

Beberapa jenis kutu rambut telah bermutasi dan menjadi kebal terhadap beberapa sampo anti kutu. Perawatan dengan bahan kimia tidak lagi efektif membunuh jaringan kutu rambut.


(Jika anak Anda mulai sering menggaruk rambut atau bagian kepalanya, mengeluh kulit kepalanya gatal hingga susah tidur di malam hari, atau merasa yang berjalan di rambutnya, ini mungkin anak Anda memiliki kutu. Foto: Courtesy of Ctaherine Delahaye/Getty Images)

Ada beberapa saran ahli kutu rambut untuk membantu Anda mengatasinya dengan mudah seperti dilansir dari Prevention. Pertama, dengan menggunakan sampo kutu alami. Gunakan sampo perawatan kutu alami di hari pertama, kemudian lakukan penyisiran menyeluruh dengan kondisioner dan sisir khusus kutu untuk menghilangkan semua kutu mati dan telur.

Ini bisa jadi cara yang berhasil karena enzim dalam formula sampo kutu dapat memecah cangkang kutu hingga mati dan mereka tidak dapat mengembangkan perlawanan terhadap mereka. 

Kedua, gunakan minyak zaitun dan hindari cuka, obat kumur atau alkohol. Menurut ahli, minyak zaitun adalah salah satu perawatan yang paling efektif. Terapkan minyak zaitun ke kepala anak Anda dan biarkan selama delapan jam. Ini akan membuat mati kutu rambut.

Ketiga, gunakan minyak pohon teh atau tea tree oil. Minyak ini efektif untuk membersihkan kepala yang gatal dari kutu. Penelitian menemukan bahwa ketika satu persen larutan minyak pohon teh diterapkan ke kepala, ia akan membunuh sebesar 100 persen kutu dalam 30 menit. Gunakan setetes minyak di belakang leher Anda terlebih dahulu untuk memastikan dia tidak memiliki reaksi alergi.






(TIN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id