Hadirnya mimpi sedang hamil mungkin itu merupakan salah satu cara untuk mengingatkan Anda kembali. (Foto: Pixabay)
Hadirnya mimpi sedang hamil mungkin itu merupakan salah satu cara untuk mengingatkan Anda kembali. (Foto: Pixabay)

Alasan di Balik Mimpi Hamil

Rona psikologi
Raka Lestari • 10 Juli 2019 20:58
Mimpi sedang hamil terjadi karena beberapa faktor. Salah satunya, sang pemimpi sedang mendambakan seorang buah hati, lantaran belum juga dikarunai anak.
 
Jakarta: Beberapa orang mungkin pernah mengalami mimpi sedang hamil. Padahal kenyataannya tidak seperti itu.
 
Bermimpi sedang hamil mungkin akan sedikit membahagiakan, namun juga bisa sedikit meresahkan bagi sebagian orang. Tentunya Anda mungkin bertanya-tanya mengapa mimpi tersebut bisa terjadi.
 
Menurut Profesor Afael Pelayo, MD,  mimpi sedang kehamilan berhubungan dengan fakta bahwa, orang tersebut memang sedang memikirkan tentang kehamilan. Jika seseorang memang sangat ingin hamil, mimpi tentang kehamilan mungkin terjadi karena keinginannya tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penyebab lainnya, seperti Anda memang sedang mengandung tetapi belum sepenuhnya siap memiliki anak. Bisa juga, Anda sudah memiliki anak, namun belum berkeinginan memilikinya lagi.
 
Dalam kasus-kasus tersebut, takut hamil atau mencemaskan tentang kehamilan membuat Anda kepikiran. Sehingga pikiran tersebut terbawa sampai ke alam tidur.
 
"Mimpi mengenai kehamilan juga bisa berhubungan dengan memori apapun yang berkaitan dengan pengalaman kehamilan di masa lalu. Baik dari Anda maupun orang lain," ujar Dr Pelayo
yang juga merupakan profesor klinis dari psikiatri dan ilmu perilaku di Stanford Center for Sleep Sciences and Medicine.
 
Jika Anda bermimpi tentang kehamilan, dan Anda sudah melewati beberapa pengalaman mengenai kehamilan, mungkin itu merupakan salah satu cara untuk mengingatkan Anda kembali.
 
Misalnya, jika Anda pernah mengalami morning sickness pada saat hamil. Rasa mual tersebut meskipun Anda tidak sedang hamil memberikan kesempatan bagi otak Anda untuk mengingat morning sickness, dan menyebabkan Anda bermimpi tentang kehamilan. Namun bermimpi tentang kehamilan bisa juga tidak ada hubungannya sama sekali dengan kehamilan.
 
"Kehamilan dapat menjadi metafora untuk jenis kreativitas lainnya. Mimpi kehamilan mungkin juga melambangkan kegembiraan untuk sebuah proyek yang sedang Anda lakukan. Anda akan 'melahirkan' proyek tersebut dalam waktu dekat, dan perasaan itu bisa muncul sebagai kehamilan," kata Deirdre Barrett, PhD, seorang psikolog dan penulis The Committee of Sleep. 
 
Satu hal yang penting dipahami tentang mimpi adalah bahwa mimpi penuh dengan emosi. Beberapa spesialis tidur mencurigai bahwa mimpi adalah cara otak untuk mengatur ulang ingatan dan emosi. 
 
Manusia mengumpulkan begitu banyak kenangan sepanjang hidup. Kenangan yang sering dikaitkan dengan emosi, bahwa otak kita akhirnya harus memutuskan apa yang harus diingat dan apa yang harus dilupakan.
 
Nutrisi Penting dalam Mempersiapkan Kehamilan

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif