Anda bisa meminta bantuan kepada orang-orang yang anda percayai untuk membantu anda 'public speaking' (Foto Ilustrasi: Priscilia/Unsplash.com)
Anda bisa meminta bantuan kepada orang-orang yang anda percayai untuk membantu anda 'public speaking' (Foto Ilustrasi: Priscilia/Unsplash.com)

Ini Alasan Mengapa Anda Demam Panggung dan Cara Mengatasinya

Rona komunikasi
Kumara Anggita • 23 Januari 2019 15:08
Jakarta: Banyak orang yang tidak sanggup mengatasi suasana di depan panggung. Hal ini karena mereka menganggap berbicara di depan umum adalah sesuatu yang berbahaya.
 
Bahaya yang dimaksud, seperti berhadapan dengan hewan buas, kebakaran, atau sesuatu yang tajam dan lain-lain. Amigdala, area otak yang memproses reaksi emosional dibangunkan.
 
Keadaan tersebut membuat tubuh anda stres karena hormon kortisol dan adrenalin sedang bekerja. Dua hormon tersebut memberi anda energi untuk melarikan diri, berdiri, atau melawan. Oleh karena itu, anda menjadi keringat dan bergetar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika perintah dari otak diabaikan, korteks prefrontal membuat anda membeku. Alhasil, anda jadi berbicara ngawur dan tidak bisa bergerak.
 
Kabar baiknya, anda bisa melatih amigdala agar dia tidak bereaksi berlebihan. Caranya, dengan menempatkan diri anda dalam situasi menakutkan berulang-ulang dengan tidak melibatkan konsekuensi negatif.
 
Untuk itu ada beberapa tips bagaimana cara mengatasi ketakutan pada 'Public Speaking':
1. Hadapi
Kepala Story Theater International, organisasi yang melatih pebisnis meningkatkan kemampuan presentasi, Doug Stevenson, memberitahukan para peserta lokakarya untuk melakukan 15 menit latihan aerobik satu atau dua jam sebelum pidato. Oksigen ekstra membuat neuron menyala lebih cepat, dan itu meningkatkan kemampuan Anda untuk fokus.
 
2. Cintai Diri
Mencintai diri akan mengurangi stres anda. Berdasarkan studi UCLA, orang-orang yang merefleksikan keyakinan politik atau spiritual mereka sebelum pembicaraan tanpa persiapan memiliki tingkat kortisol yang lebih rendah sesudahnya.
 
3. Dapatkan Dukungan
Anda bisa meminta bantuan kepada orang-orang yang anda percayai untuk membantu anda 'public speaking'. Carilah organisasi yang bisa membantu anda untuk berbicara di depan umum.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif