Urutan kelahiran anak memengaruhi hobi, prestasi akademik, dan penghasilannya sebagai orang dewasa. (Foto: Pexels)
Urutan kelahiran anak memengaruhi hobi, prestasi akademik, dan penghasilannya sebagai orang dewasa. (Foto: Pexels)

Mengenal Kemampuan Anak Berdasarkan Urutan Kelahiran

Rona tumbuh kembang anak
Anda Nurlaila • 06 Agustus 2019 12:17
Kepribadian si kecil memang berbeda dari saudaranya. Meski demikian kita bisa melihat kemampuannya berdasarkan urutan kelahiran.
 
Jakarta: Setiap anak dilahirkan dengan ciri khas masing-masing. Meski bersaudara, perbedaan kepribadian si kecil dengan saudara-saudaranya terkadang sangat mencolok.
 
Salah satu penyebabnya bisa jadi akibat urutan kelahiran. Banyak ahli percaya, urutan kelahiran memengaruhi hobi, prestasi akademik, dan penghasilannya sebagai orang dewasa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seperti dimuat dalam Parents, penulis Born to Rebel: Birth Order, Family Dynamics, and Creative Lives Frank Sulloway mengatakan urutan kelahiran bukan satu-satunya yang memengaruhi anak, namun dapat membantu orang tua memahami kepribadian mereka.

-Anak Sulung

Zac Efron, Beyoncé Knowles, Dakota Fanning
 
Kekuatan bawaan:
Anak sulung sering jadi pusat perhatian ayah dan ibu, terutama sebelum memiliki saudara kandung lain. Studi Universitas Brigham Young menemukan anak-anak tertua menikmati sekitar 3.000 jam waktu berkualitas dengan orang tua mereka daripada saudara kandungnya.
 
"Perhatian ini memungkinkan anak sulung lebih berprestasi. Selain itu anak sulung cenderung memiliki skor IQ lebih tinggi dan berpendidikan tinggi daripada saudara laki-laki dan perempuannya, anak sulung juga lebih cenderung lebih tinggi," jelas Farley.
 
Tantangan:
Anak sulung cenderung menjadi tipe kepribadian yang kuat dan takut akan kegagalan. Terapis anak dan keluarga, Michelle P. Maidenberg mengatakan takut berbuat dan gagal membuat anak sulung cenderung kaku. 
 
"Mereka biasanya tidak fleksibel, tidak suka perubahan untuk keluar dari zona nyaman," katanya.
 
Lebih banyak tanggung jawab di rumah membuat anak sulung cepat mengambil alih dan senang memerintah. Beban itu dapat menyebabkan stres berlebih bagi anak yang sudah merasakan tekanan untuk selalu menjadi sempurna.
 
Cara mendidik:
Anak sulung mendapat dorongan untuk mencapai prestasi mereka, tapi juga perlu diyakinkan bahwa tidak masalah jika mereka tidak berhasil dalam segala hal.
 
"Beri tahu anak sulung Anda tentang kegagalan Anda saat seusianya. Pastikan untuk menekankan bahwa Anda belajar dari kegagalan," kata psikolog Kevin Leman, penulis The Birth Order Book.

-Anak Bungsu

Cameron Diaz, Pangeran Harry, Blake Lively
 
Kekuatan bawaan:
Anak bungsu umumnya bukan yang terkuat atau terpintar, sehingga mereka punya cara sendiri untuk mendapatkan perhatian. Terkenal dengan daya pikat dan kemampuan sosial yang ramah, banyak selebritas yang terlahir sebagai anak bungsu. Anak-anak bungsu senang menjadi sorotan lewat petualangan mereka, keterbukaan, dan kemampuan mengambil risiko fisik daripada saudaranya.
 
Tantangan:
Anak bungsu kerap merasa selalu di bawah saudaranya. Untuk menunjukkan kemampuan, anak terakhir biasanya memiliki kemampuan memanipulasi orang lain untuk memeroleh keinginan. Dr Leman mengatakan, orang tua sering memanjakan anak terkecil dalam aturan dan gagal menerapkan standar yang sama dengan saudara mereka.
 
Cara mendidik:
Bila terlalu memanjakan, si bungsu akan menjadi orang dewasa yang bergantung pada orang lain. Jadi berikan anak bungsu tanggung jawab seperti merapikan mainan dan lakukan dengan konsisten sama seperti saudaranya.
 
"Jika orang tua tidak dapat membuat anak mengikuti aturan sejak kecil, Anda akan kesulitan saat mereka tumbuh besar dan bermasalah," jelas Dr Leman.
 
Mengenal Kemampuan Anak Berdasarkan Urutan Kelahiran

-Anak Tengah

Anne Hathaway, Joe Jonas, Owen Wilson

Kekuatan bawaan:
Anak tengah paling mudah beradaptasi, bernegosiasi, dan berkompromi agar "cocok" dengan semua orang. Tidak mengherankan, Dr. Sulloway mencatat, anak-anak usia menengah mendapat nilai lebih tinggi dalam mediasi daripada saudara mereka yang lebih tua dan lebih muda.

Karena kurang mendapat perhatian di rumah, anak tengah memiliki ikatan lebih kuat dengan teman-teman dan tidak erat dengan saudara-saudari mereka.
 
"Mereka yang pertama melakukan perjalanan dengan keluarga atau menginap di rumah teman," kata profesor Psikologi di Poughkeepsie, New York Linda Dunlap.
 
Tantangan:
Anak tengah pernah hidup sebagai anak bungsu sebelum saudara yang lebih muda lahir. Mereka juga sangat sadar tidak mendapat perhatian seperti sulung atau dimanjakan seperti bungsu.
 
"Sering kali mereka merasa diabaikan dan tidak dihargai," kata Dr. Maidenberg.
 
Cara mendidik:
Temukan cara-cara sederhana untuk membuat si anak tengah mendapat sorotan dan perhatian. Keluhan terbesar anak tengah adalah tidak didengar. Tapi membiarkan dia memilih restoran atau film yang ditonton semua orang sangat berarti baginya.

-Anak Tunggal

Anak tunggal sering dianggap kesepian dan akan tumbuh menjadi egois dan tidak kompeten secara sosial. Menurut Dokter Anak Frank Sulloway hal itu tidak benar, sebab sebagian besar anak tunggal memiliki karakter seperti anak sulung.
 
"Mereka ambisius dan pandai berbicara. Karena banyak waktu bersama orang tua mereka, anak tunggal merasa nyaman berinteraksi dengan orang dewasa. Pastikan anak menghabiskan waktu dengan teman-temannya sejak awal," kata Dr. Michelle Maidenberg.
 
Kebahagiaan Ganda
Bahkan jika memiliki saudara kandung lainnya, kembar, triplet, atau kelipatannya, tumbuh sebagai entitas diri mereka sendiri. Si kembar sulung biasanya bertindak sebagai anak yang lebih tua.
 
Di luar hubungan ini, mereka akan sering disatukan sebagai "si kembar".  Ini bisa menjadi sumber frustrasi ketika si kembar tumbuh besar dan masing-masing berusaha memiliki identitas pribadi.
 
Jadi, dorong anak kembar Anda mengembangkan hobi dan ketertarikan masing-masing. Meskipun mereka mungkin lebih suka melakukan hal-hal bersama, penting bagi setiap anak untuk membangun minat dan kepribadiannya sendiri.
 

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif