Jika anak Anda masih memiliki masalah dengan nafsu makan mereka, disarankan untuk membiarkan anak Anda bermain dengan makanan mereka. (Foto: Pexels)
Jika anak Anda masih memiliki masalah dengan nafsu makan mereka, disarankan untuk membiarkan anak Anda bermain dengan makanan mereka. (Foto: Pexels)

Tumbuh Gigi Memengaruhi Nafsu Makan Anak

Rona tumbuh kembang bayi
Raka Lestari • 11 Juli 2019 07:04
Anak yang sedang mengalami tumbuh gigi, akan memengaruhi pada nafsu makannya. Tak usah khawatir, karena itu adalah hal yang normal. Sebab proses tumbuh gigi pada beberapa bayi adalah proses yang membuat mereka merasa tidak nyaman.
 
Jakarta: Anda tentunya akan menyadari jika si kecil memiliki perubahan dalam nafsu makan. Jika anak Anda biasanya makan cukup lahap, kemudian tiba-tiba mereka kehilangan nafsu makan tentunya Anda akan bertanya-tanya dan mencari tahu penyebabnya.
 
Salah satu hal yang paling sering disalahkan adalah tumbuh gigi pada anak. Lalu apakah memang benar proses tumbuh gigi pada anak dapat memengaruhi nafsu makan mereka?
 
Dr LaQuia Vinson, seorang dokter gigi anak-anak di Riley Children's Health, menjelaskan bahwa memang tumbuh gigi akan mengganggu nafsu makan anak. Proses tumbuh gigi pada beberapa bayi adalah proses yang membuat mereka merasa tidak nyaman, dan akibatnya mereka mungkin tidak ingin makan atau menyusui.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melanie Potock, feeding specialist dan pengarang buku Raising A Healthy Happy Eater: A Parent's Handbook juga sepaham dengan Vinson. Ia menganggap rasa sakit dapat dengan mudah menghilangkan selera makan mereka.
 
"Jadi, jika Anda menghadapi masalah ini perlu diingat bahwa ini merupakan hal yang normal," ujar Potock.
 
"Semakin Anda memaksakan bayi untuk makan, mereka akan mengalami ketidaknyamanan. Sehingga membuat mereka semakin tidak nafsu makan yang tentunya membuat bayi tidak merasa kenyang," jelas Potock.
 
Jika ini terjadi pada bayi Anda, kemungkinan mereka hanya akan makan dalam jumlah sedikit. Sehingga tidak heran bayi yang sedang tumbuh gigi bisa sangat rewel.
 
Namun kabar baiknya adalah, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki situasi ini. Seperti memberikan sesuatu yang dingin.
 
"Gunakan lap basah yang dingin dan bersih atau menggunakan es batu untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada pipinya. Namun jika cara tersebut tidak berhasil dan rasa sakit tidak berkurang pada bayi Anda, beri obat demam atau pergi ke dokter untuk mendapatkan obat untuk anak Anda," terang Dr Vinson.
 
Jika anak Anda masih memiliki masalah dengan nafsu makan mereka, Potock menyarankan untuk membiarkan anak Anda bermain dengan makanan mereka. Gunanya, agar bisa lebih melakukan eksplorasi makanannya. Potock juga menjelaskan bahwa cara ini dapat membuat bati cenderung lebih mungkin untuk memasukkan makanan dengan tangan mereka sendiri.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif