Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Warna Bisa Memengaruhi Suasana Hati Seseorang

Rona psikologi
Raka Lestari • 13 Desember 2019 17:20
Jakarta: Selain memberi kesan menarik, warna juga memiliki fungsi lain terhadap suasana hati. Penggunaan warna cat pada dinding misalnya, dapat memengaruhi kondisi emosional mereka yang ada di dalam rumah tersebut.
 
Reza Gunawan, seorang praktisi penyembuhan emosional, menjelaskan bahwa warna memiliki pengaruh terhadap suasana hati dan emosi seseorang. Ia juga menjelaskan kalau warna bukan sesuatu yang hanya digunakan untuk mempercantik dan memperindah ruangan saja, tetapi lebih dari itu. Warna memiliki peranan yang Iebih mendalam.
 
"Warna dapat memengaruhi suasana hati kita. Dalam ilmu penyembuhan tradisional, warna juga punya peranan dan fungsi kesehatan bagi tubuh manusia. Kita menikmati warna itu dari panca indera yaitu mata. Jadi itu bisa mengingatkan kita akan khayalan apa, memori apa, petualangan apa dan lain sebagainya," ujar Reza dalam acara Launch of Colour of The Year 2020 A Tranquil Down, di kawasan Jakarta Selatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Reza mengatakan bahwa warna bisa mempunyai efek yang mendalam terhadap diri seseorang. Sehingga berpengaruh ke suasana hati dan emosi. Dalam ilmu penyembuhan, warna memiliki sesuatu yang jauh dan lebih dari apa yang sekadar ditangkap oleh mata. Menurutnya, warna adalah bagian dari tubuh setiap orang.
 
Selain itu, dalam ilmu yoga dan penyembuhan tradisional di India terdapat sistem 7 cakra, dari tulang ekor sampai puncak kepala. Ketujuh cakra tersebut memiliki warna, yakni merah, jingga, hijau kuning, biru, nila, ungu (Mejikihibiniu)
 
"Mejikuhibiniu itu warna dasar yang ada di tubuh kita yang berhubungan dengan 7 tangga nada, do, re mi, fa, sol, la, si, berhubungan dengan 7 kelenjar utama tubuh manusia dan berhubungan dengan 7 tema psikologis dalam relationship manusia. Jadi warna bukan sesuatu yang kita lihat dengan mata, tapi ada di dalam tubuh kita," tambahnya.
 
Lebih lanjut Reza menjelaskan bahwa dalam Fengsui China ada 5 elemen yaitu kayu, air, api, logam, tanah. Masing-masing dari elemen memiliki warna tertentu dan berhubungan dengan emosi. Itu artinya warna adalah bagian dari diri setiap orang yang terdalam.
 
"Itu sebabnya menurut saya warna memiliki efek yang sangat mendalam kalau kita merasakan refleksi dan digunakan dengan rileksional. Sehingga pemilihan merupakan hal yang sangat penting. Salah satunya adalah pemilihan warna untuk suatu ruangan," tutup Reza.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif