Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas Deni Kurniadi. (Foto:Istimewa)
Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas Deni Kurniadi. (Foto:Istimewa)

Tingkatkan Minat Baca, Perpustakaan Hiasi Ruang Digital

Rona manfaat membaca Literasi
K. Yudha Wirakusuma • 21 September 2020 12:35
Jakarta: Pandemi telah mengubah sudut pandang terhadap cara penyampaian pengetahuan dan penyebaran informasi bagi masyarakat. Guna meningkatkan minat baca dan memenuhi kebutuhan informasi, perpustakaan pun telah ruang digital dengan berbagai tema bidang kepustakaan maupun tema peningkatan kegemaran membaca. Anda dan keluarga pun dapat menikmati informasi dengan leluasa di ruang digital.
 
"Saya yakin perpustakaan adalah institusi yang sangat siap untuk menghadapi perubahan di masa pandemi ini. Segala fasilitas ruang digital perpustakaan dan kapabilitas pustakawan dan semua informasi yang siap untuk didiseminasikan menjadi modal utama dalam melakukan melakukan perubahan digital saat ini,” kata Kepala Perpusnas Syarif Bando, saat sambutan 
yang dibacakan Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas Deni Kurniadi di Rapat Nasional Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) 2020 yang digelar secara virtual, Senin, 21 September 2020.
 
Berdasar Undang-Undang no 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan, khususnya pada Pasal 48-51, mengenai Pembudayaan Kegemaran Membaca, bahwa Pembudayaan Kegemaran Membaca dilakukan melalui Keluarga, Satuan Pendidikan dan Masyarakat. Pembudayaan kegemaran membaca yang dilakukan melalui keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat bertujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat mendorong tumbuhnya perpustakaan dan rumah baca yang dekat dengan keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat itu sendiri. Hal ini karena Perpustakaan mempunyai peranan mewujudkan manusia yang cerdas yang diharapkan memiliki kebiasaan membaca sebagai usaha belajar sepanjang hayat (reading habit) dan terus mewujudkan masyarakat pembelajar (learning society),” terangnya.
 
Halaman Selanjutnya
  Dalam pembangunan…
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif