Motif batik di kain tapis. (Foto:MTVN/Nia Deviyana)
Motif batik di kain tapis. (Foto:MTVN/Nia Deviyana)

Mengenal Tapis, Kain Tradisional Khas Lampung

Rona kain tenun
Nia Deviyana • 12 November 2015 09:55
medcom.id, Bandar Lampung: Bicara mengenai kain batik atau tenun, semua orang Indonesia tentu sudah tak asing lagi. Lantas, bagaimana dengan Tapis? Tapis merupakan salah satu kain tradisional asal Indonesia, tepatnya dari Provinsi Lampung. 
 
Kain Tapis terbuat dari kain tenun yang berasal dari kapas. Kain ini kemudian dihiasi dengan berbagai motif yang dibuat dengan benang petak atau emas. Seperti batik maupun tenun, tapis memiliki ragam corak, mulai dari batik lampung hingga berbagai motif sulam khas daerah ini. 
 
Soal harga pun cukup beragam, tergantung kerumitan proses pembuatannya. Sebagai contoh, kain tapis yang disulam dengan tangan dibanderol dengan harga mulai Rp600 ribu. Sementara kain yang dikerjakan dengan mesin, dibanderol dengan harga relatif murah, yakni mulai dari Rp150 ribu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengenal Tapis, Kain Tradisional Khas Lampung
(Salah satu motif kain tapis sulam tangan)
 
Kain tapis ini biasanya digunakan pada bagian pinggang ke bawah layaknya sarung oleh wanita suku Lampung. Namun, seiring perkembangan zaman, tapis juga bisa dikenakan sebagai selendang atau hiasan pada pakaian bagian atas.
 
Pembuatan tapis di Lampung sudah berlangsung ratusan tahun yang diturunkan dari generasi ke generasi. Kini, kain tapis banyak ditemukan di toko-toko souvenir sebagai buah tangan jika Anda berkesempatan mengunjungi provinsi ini.
 

(LOV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif