Pakar tafsir Alquran KH Muhammad Quraish Shihab menuturkan di dalam kitab suci, tak jarang pembahasan dan penggambaran tentang surga diikuti oleh ayat yang menerangkan tentang pedihnya siksa neraka. Hal ini bertujuan agar manusia sadar atas jalan yang ditempuhnya itu lurus atau keliru.
"Seakan-akan Alquran menghidangkan pilihan. Kalau baik, surga, kalau tidak, mari dengarkan betapa pedihnya penderitaan di neraka," jelas Quraish dalam program Tafsir Al-Mishbah di Metro TV, Senin, 27 April 2020.
Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?
Salah satu contoh perbandingan itu persis yang dimaktub dalam QS. Az-Zukhruf: 74. Setelah ayat-ayat sebelumnya menceritakan kenikmatan dan kegembiraan yang diraih orang-orang saleh di surga, ayat tersebut menyambung dengan penggambaran suasana di neraka.
"Sesungguhnya orang-orang yang berbuat dosa dengan melakukan kekufuran dan maksiat berada di dalam siksa neraka jahanam pada hari Kiamat, mereka tinggal di dalamnya selamanya."
Siksa Neraka
Quraish menjelaskan ayat ke-74 QS. Az-Zukhruf tersebut, Allah Swt menyebut kata Al-Mujrimin. Lafaz itu, kata pendiri Pusat Studi Alquran (PSQ) itu, tidak hanya dimaknai sebagai orang-orang yang berbuat dosa dan melakukan kekufuran dengan kadar biasa, akan tetapi, menyasar pada orang-orang yang sudah benar-benar terbiasa melakukan kejahatan."Al-mujrimin, Orang-orang yang mantap kedurhakaannya. Mereka berada di dalam siksa, bukan cuma disiksa. Perbedaannya, kata 'di dalam" menunjukkan keseluruhan wujudnya. Contoh, kalimat 'tangannya terbakar,' maka belum tentu kakinya ikut terkena api. Tetapi jika dikatakan 'dia berada di dalam kobaran api,' niscaya bermakna secara keseluruhan," terang Quraish.
Orang-orang itu berada dalam siksaan jahanam secara kekal, selamanya tanpa adanya batas waktu. Sampai-sampai, muncul perasaan putus asa, seperti yang dijelaskan dalam ayat 75;
"Tidak diringankan azab itu dari mereka dan mereka di dalamnya berputus asa."
Terhina
"Siksa mereka tidak diringankan dan dikurangi, sehingga mereka putus asa. Lafaz 'Mublisun' itu seakar kata dengan 'iblis' bermakna; yang berputus asa. Itu makanya, akibat kedurhakaan dan kejahatan yang dilakukannya, Allah Swt memurkai iblis dan dia menjadi makhluk yang berputus asa," jelas Quraish.Makna penting dalam rangkaian ayat ini adalah keberadaan mereka menerima siksa, bukanlah menunjukkan bahwa Allah menganiaya mereka. Justru merekalah yang telah menganiaya dirinya sendiri karena tidak taat kepada Allah Swt selama di dunia.
Akibat kepedihan yang selalu mereka terima itulah, terang Quraish, mereka sampai-sampai berkeinginan agar Allah Swt berkenan mematikan mereka dengan harap bisa terlepas dari siksaan-siksaan yang menderanya.
Penghuni neraka hanya bisa menyampaikan keinginannya melalalui Malaikat Malik, penjaga neraka. Mereka dihilangkan dari kenikmatan memandang wajah Allah dan berbicara dengan-Nya.
"Memandang wajah Allah Swt adalah sebuah kenikmatan surga. Berbicara dengan seseorang terhormat pun tidak sembarang, apalagi dengan Allah Swt. Mereka berada dalam konsidi yang sangat terhina, memohon kepada Tuhan pun tidak diberi kesempatan untuk melihat dan berbicara," kata Quraish.
"Selama di dunia, dakwah agama datang padanya, bukan mereka yang mendatangi agama. Rasulullah yang datang, bukan kamu yang mendekat. Dan mereka ini, tidak hanya tidak senang terhadap Islam dan Rasulullah Muhammad Saw, tapi melakukan tipu daya untuk menggagalkan agamnaya," tutur Quraish.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News (REN)