Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat. Foto: Istimewa
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat. Foto: Istimewa

Larangan Mudik Lokal Dianggap Perlu Dievaluasi

Ramadan Mudik Lebaran Virus Korona covid-19 pandemi covid-19 Lestari Moerdijat Ramadan 2021 Idulfitri 2021
Kautsar Widya Prabowo • 09 Mei 2021 16:09
Jakarta: Pemerintah diminta segera mengevaluasi larangan mudik dan mudik lokal. Kebijakan tersebut belum sepenuhnya berhasil mencegah masyarakat pergi ke sejumlah daerah.
 
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) mengatakan larangan mudik lokal bertujuan menekan pergerakan orang dalam satu kawasan yang terdiri dari kota/kabupaten yang berdekatan. Namun, kebijakan pemerintah pusat itu direspons beragam oleh pemerintah daerah.
 
"Ada yang menerapkan larangan mudik lokal dengan ketat di daerahnya, bahkan ada daerah yang sudah menyatakan tidak mampu menjalankan kebijakan tersebut (mudik lokal)," ujar Lestari dalam keterangan tertulis, Minggu, 9 Mei 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Pemkot Bogor Perketat Pengawasan Larangan Mudik
 
Politikus Partai NasDem itu menilai evaluasi menyeluruh dapat menjadi perbaikan dalam mengambil keputusan. Dengan begitu, kesalahan serupa tidak terulang kembali.
 
Rerie menilai untuk mencegah lonjakan kasus covid-19 saat Idulfitri 1442 Hijriah, pemerintah harus meningkatkan tracing dan testing. Masyarakat juga diminta menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.
 
"Para pemangku kepentingan (diharapkan) mampu segera menerapkan strategi pencegahan penyebaran covid-19 yang tepat untuk menekan potensi terjadinya ledakan kasus pasca-Lebaran," jelas dia.

 

(OGI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif