Tips mengusir ular dari rumah. Foto: Shutterstock
Tips mengusir ular dari rumah. Foto: Shutterstock

Waspada! Begini Cara Mengusir Ular dari Rumah

Properti tips rumah ular tips membersihkan rumah Cara mengusir ular mencegah ular masuk rumah
Rizkie Fauzian • 24 November 2021 14:59
Jakarta: Memasuki musim hujan, tak hanya kebocoran rumah yang perlu Anda waspadai tapi juga hewan-hewan berbahaya. Salah satunya ular yang berkembang biak di musim hujan.
 
Untuk mencegah ular masuk dan bersarang di rumah, salah satunya dengan menjaga kebersihan rumah. Ular menyukai tempat-tempat yang dingin sehingga Anda perlu mewaspadai beberapa area di rumah.
 
Anda bisa memulai dengan memotong rumput di halaman depan karena bisa jadi tempat sarang ular. Selain itu, bersihkan juga sampah-sampah daun yang menumpuk di halaman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dan mengusir ular dari rumah.

1. Bersihkan rumah

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, cara mencegah ular masuk ke dalam rumah adalah dengan membersihkannya. Bersihkan bagian depan, dalam, dan halaman belakang.
 
Ular menyukai tempat dingin untuk berkembang biak. Pastikan bahwa halaman Anda bersih, tanpa meninggalkan tumpukan samph ataupun daun. Selain itu, bersihkan area bagian dalam rumah.
 
Pastikan tidak ada barang menumpuk, seperti kardus-kardus, buku-buku bekas, atau barang lainnya yang bisa menjadi tempat bersembunyi ular di dalam rumah.

2. Basmi sumber makanan

Waspada! Begini Cara Mengusir Ular dari Rumah
Tips mengusir ular dari rumah. Foto: Shutterstock
 
Anda perlu mengetahui jika ular biasanya keluar untuk mencari makanan. Biasanya ular memakan tikus, katak, serangga, burung  hingga ikan. 
 
Pastikan jika hewan-hewan yang menjadi makanan ular tak ada di rumah Anda, seperti tikus. Dengan menghilangkan sumber makanan, maka ular tak akan menghampiri rumah Anda.

3. Periksa tempat persembunyian

Ular menyukai tempat yang lembap, seperti selokan, pipa air, hingga toilet. Pastikan bahwa Anda menjaga kebersihkan di tempat tersebut untuk menghindari ular.

4. Usir dengan karbol

Ular paling tidak suka dengan bau menyengat seperti bau karbol. Bersihkan rumah secara rutin menggunakan karbol agar ular tak mau mendekati rumah.
 
Jangan menggunakan garam karena ular akan menyukainya. Garam memberikan efek yang hangat untuk ular, sehingga ular justru akan menyukainya. 

5. Gunakan wewangian

Waspada! Begini Cara Mengusir Ular dari Rumah
Tips mengusir ular dari rumah. Foto: Shutterstock
 
Ular tidak menyukai wangi yang menyengat. Anda bisa menggunakan kapur barus untuk mengusirnya. Simpan kapur barus di area yang lembap atau berpotensi menjadi sarang ular.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif