Tips membersihkan dinding putih. Foto: Unsplash
Tips membersihkan dinding putih. Foto: Unsplash

6 Cara Membersihkan Dinding Putih dengan Mudah

Medcom • 30 Juni 2022 12:12
Jakarta: Dinding berwarna putih dapat membuat ruangan terasa lebih besar, bersih dan juga rapih. Akan tetapi, dinding berwarna putih mudah kotor saat berbenturan dengan benda, bergesakan dengan furnitur maupun terkena tangan yang kotor.
 
Menjaga dinding selalu bersih memang sulit. Untungnya terdapat banyak cara untuk membuat dinding Anda terlihat bersih. Berikut ini metode sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menjaga dinding putih tetap bersih dikutip The Spruce.

Seberapa sering membersihkan dinding Anda?

Biasanya dinding akan dibersihkan atau dicat ulang ketika ada acara penting di rumah seperti pindahan, menyambut tamu, hingga mengadakan acara-acara. Biasanya dinding akan menjadi kotor, atau berubah warna ketika cuaca lebih panas dan debu.
 
Baca juga: Mau Rumah Tetap Rapi dan Bersih? Jangan Lupa Lakukan Ini

Untuk membersihkan dinding pada spot-spot tertentu, terutama di dalam ruangan yang terdapat anak-anak dan hewan peliharan sesuaikan dengan jadwal aktifitas Anda dan keluarga agar tak mengganggu. 

Alat dan bahan yang dibutuhkan

  1. Spons
  2. Kain microfiber
  3. roll tissue handuk (tebal)
  4. Pembersih serba guna
  5. Sabun cuci piring
  6. Soda kue
  7. Sikat penggosok

Langkah pertama

Sebelum membersihkan dinding, lihat apakah ada area yang dipenuhi debu seperti langit-langit atau goresan di dinding. Jenis noda yang menempel di dinding menentukan penggunaan bahan pembersih yang digunakan. 
 
Baca juga: 5 Cara Membersihkan Rumah dengan Efektif dan Menyenangkan

Untuk noda yang mudah hilang, Anda dapat mengatasinya dengan spons dan kain microfiber. Jika noda membandel, sebaiknya menggunakan sikat penggosok khusus.

Langkah kedua

Untuk membersihkan area langit-langit, Anda dapat menggunakan tangga dan kain microfiber basah. Pastikan untuk mengganti kain microfiber yang telah digunakan jika kotor. 
 
Jika ingin membersihkan secara detail, Anda dapat menggunakan alat atau tongkat yang dapat diatur panjang pendeknya untuk menjangkau ke sudut-sudut yang tinggi.

Langkah ketiga

Anda dapat menggunakan pembersih serba guna dengan kain microfiber, lap, atau tisu handuk. Coba untuk memilih pembersih serba guna dengan tekstur yang sama seperti sabun cuci piring.
 
Baca juga: 6 Bahan Ini Ampuh Bersihkan Seluruh Area Rumah, Apa Saja?

Jika makanan dan minuman anda mengenai dinding, Anda dapat membersihkan dengan bahan pembersih serba guna yang bisa digunakan untuk membersihkan noda.

Langkah keempat

Gunakan sabun cuci piring dan juga spons lembut untuk membersihkan dinding putih. Sabun cuci piring merupakan pembersih yang efektif untuk membersihkan permukaan yang ada di sekitar rumah, mulai dari meja hingga karpet. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Cobalah memilih sabun cuci piring dengan bahan yang lebih ringan dan tidak memiliki banyak pewangi dan bahan kimia. Untuk noda yang tidak membandel, gunakan spons basah dan sabun cuci piring dapat menghilangkan noda. 
 
Anda dapat menggosok noda dengan lembut, kemudian diamkan sebentar dan bersihkan dengan kain microfiber yang bersih. Anda dapat mengulangi hal ini hingga dua atau tiga kali untuk mendapat hasil yang optimal.

Langkah kelima

Anda dapat menggunakan soda kue untuk membersihkan noda yang membandel. Ambil soda kue ke dalam mangkuk lalu tambahkan dengan air agar teksturnya berubah menjadi pasta. 
 
Anda harus memastikan teksturnya menjadi sedikit lengket. Oleskan pasta soda ke permukaan dinding dengan spons basah. Diamkan beberapa saat, setelah noda cukup basah, bersihkan dengan kain microfiber basah atau tisu.

Langkah keenam

Gunakan sikat gosok jika noda membandel dan tidak mau hilang. Ketika cara di atas gagal, Anda dapat menggunakan sikat gosok untuk membersihkan noda. 
 
Anda dapat mengambil sikat gosok dan basahi, kemudian usap perlahan ke permukaan dinding bernoda sampai bersih. Proses ini memerlukan waktu sedikit lebih lama untuk membersihkan.
 
Akan tetapi anda perlu berhati-hati pada dinding yang dicat gloss dan semi-gloss karena sikat gosok yang keras dapat meninggalkan noda saat menggosok.
 
Bersihkan noda secara teratur agar tidak meresap kedinding. Berhati-hatilah untuk menghindari kotoran saat membersihkan debu di langit-langit, terutama Ketika memakai kipas angin. (Rizki Naziah)
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif