Cara Terbaik Bersihkan Furnitur Rotan
Etalase toko furniture rotan di Tasikmadu, Malang. Jika furnitur rotan diletakkan di luar ruangan sebaiknya bersihkan dua minggu sekali demi menjaga kualitas dan keindahannya. Antara Foto/Ari Bowo Sucipto
Jakarta:Furnitur berbahan rotan kini telah mendunia. Penggunaan meterial rotan sebagai dekorasi rumah juga menambah suasana nyaman namun tetap mewah.

Sayangnya, membersihkan noda pada rotan juga tidak bisa sembarangan. Penggunaan bahan yang salah untuk membersihkan rotan hanya akan merusak material alam yang lentur tapi kuat ini.


Sebelum membersihkannya, pastikan bahan rotan di furniture asli atau sintetis. Cara membersihkannya akan berbeda. Berikut ini cara membersihkan rotan asli yang tepat.

Sikat lembut

Untuk menghilangkan kotoran yang menempel di celah-celah gunakan sikat. Pastikan sikat yang dipakai lembut agar tidak merusak rotan. Bisa sikat gigi bekas atau kuas cat ukuran kecil.


Penghisap debu

Untuk membersihkan debu yang menempel pada furnitur rotan, cukup gunakan vacuum cleaner.



Calon pembeli melihat koleksi furnitur di Tajur, Bogor, Jawa Barat. Kementerian Koperasi dan UKM memanfaatkan pelemahan rupiah dengan meningkatkan ekspor produk furnitur dan kerajinan ke Amerika, Eropa dan China. Nilai eksport yang ditargetkan untuk komoditas ini mencapai USD 2 miliar dolar. Antara Foto/Raisan Al Farisi

Deterjen

Menghilangkan kotoran yang menempel juga bisa menggunakan larutan deterjen pencuci piring. Jangan dioles tapi semprotkan cairan deterjen yang telah dicampur air lalu sikat dengan lembut. Langkah ini berlaku bagi rotan sintetis.

Spons atau kain

Jika rotan yang digunakan adalah asli, maka setelah disemprot air sabun dan disikat, segera bilas dan keringkan. Membilasnya dengan lap basah lalu ulangi dengan lap kain kering untuk menghisap sisa air kemudian diangin-anginkan.  

Sebaiknya bersihkan furnitur berbahan rotan minimal sebulan sekali untuk menghindari kotoran yang menumpuk. Jika furnitur rotan diletakkan di luar ruangan sebaiknya bersihkan dua minggu sekali demi menjaga kualitas dan keindahannya.

 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id