Kesalahan membeli rumah pertama bagi milenial. Foto: Shutterstock
Kesalahan membeli rumah pertama bagi milenial. Foto: Shutterstock

Jangan Salah! Milenial Harus Cek Ini Sebelum Beli Rumah

Rizkie Fauzian • 18 Mei 2022 14:00
Jakarta: Banyak milenial yang mulai memikirkan membeli sebuah hunian. Namun, harga rumah yang semakin tinggi menjadi salah satu ganjalan terbesar.
 
Banyak pembiayaan rumah yang ditawarkan pemerintah yang bisa digunakan milenial, mulai dari rumah subsidi dengan keringanan cicilan, uang muka hingga berupa tabungan.
 
Tak hanya itu, beberapa perbankan juga menawarkan kemudahan melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang secara khusus membidik milenial.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Foto: Catat! 5 Biaya Tambahan saat Beli Rumah Pertama
 
Jika sudah yakin untuk membeli rumah, sebaiknya segera mempersiapkan diri. Membeli rumah memiliki proses yang panjang dan melelahkan.
 
Maka tak heran jika membeli rumah dianggap langkah besar dalam hidup seseorang. Sebagai pembeli rumah pertama, milenial perlu mempelajari beberapa hal.
 
Ada beberapa hal yang perlu disiapkan dan dipertimbangkan agar tak salah saat membeli rumah. Berikut ini beberapa kesalahan yang dibuat pembeli rumah pertama.

1. Kondisi keuangan

Memiliki rumah memang keinginan setiap orang, namun jangan lupakan kondisi keuangan. Jangan sampai membeli rumah yang melebihi kemampuan finansial Anda.
 
Selain itu, perhatikan juga kebutuhan Anda lainnya. Jangan hanya menggangarkan untuk membayar cicilan rumah, tapi melupakan kebutuhan Anda lainnya.

2. Biaya ekstra

Saat membeli rumah, ada beberapa biaya tak terduga yang perlu Anda siapkan. Misalnya biaya appraisal, asuransi jiwa, notaris dan pajak properti. 
 
Biaya-biaya ekstra ini sering dilupakan oleh para calon pembeli rumah. Siapkan dana ekstra karena pengeluaran akan membengkak setelah akad jual beli rumah selesai.

3. Lokasi

Membeli rumah dengan harga yang murah memang menggiurkan,tapi Anda perlu pertimbangkan lokasinya. Jika lokasi rumah jauh dari kantor, maka Anda harus menyiapkan dana untuk transportasi.
 
Perhatikan juga apakah lokasi rumah tersebut berada dekat dengan fasilitas seperti rumah sakit, sekolah, hingga pasar. Kemudahan akses juga menjadi pertimbangan membeli rumah.
 
Jika menginginkan rumah yang lebih tenang dan jauh dari kebisingan kota, Anda bisa memilih rumah di pinggiran ibu kota yang masih memiliki pemandangan alami.

4. Promosi

Salah satu trik yang digunakan oleh para pengembang properti adalah membuat brosur promosi yang semenarik mungkin. Belum lagi dengan iming-iming hadiah, uang muka dan cicilan ringan.
 
Anda harus hati-hati dan jeli sebelum termakan rayuan tersebut agar tak menyesal di kemudian hari.

5. Jangan terburu-buru 

Membeli rumah tak hanya menghabiskan uang tapi juga waktu. Maka, membeli rumah memerlukan pertimbangan matang. Jangan terburu-buru membeli rumah karena ajakan atau gengsi.
 
Pastikan bahwa kondisi keuangan memadai, beli rumah dari pengembang yang terdaftar, pilih bank yang tepat, dan sesuaikan dengan kemampuan Anda. 
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif