Tips bersihkan noda di karpet dengan bahan alami. Foto: Shutterstock
Tips bersihkan noda di karpet dengan bahan alami. Foto: Shutterstock

7 Bahan Alami Ini Bisa Menghilangkan Noda pada Karpet

Properti Tips Properti tips rumah tips membersihkan rumah
Rizkie Fauzian • 02 Januari 2022 14:10
Jakarta: Noda pada karpet mungkin sulit untuk dihilangkan jika tak langsung Anda bersihkan. Anda mungkin harus menggunkan jasa khusus untuk mencuci karpet.
 
Untuk menghindari noda menempel pada karpet, sebaiknya segera bersihkan setelah terkena kotoran. Jangan menunda sehingga noda akan sulit dihilangkan.
 
Jika terkena noda segera bersihkan dengan pembersih. Tak perlu menggunakan bahan kimia, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk membersihkan noda pada karpet.

1. Gunakan cuka

Cuka dipercaya ampuh digunakan untuk menghilangkan noda pada karpet. Namun, pastikan jika karpet di rumah aman menggunakan bahan asam.
 
Cara menggunakan cuka untuk membersihkan noda pada karpet dengan menyediakan ember, kuas, dan cuka putih. Cuka dapat bekerja dengan baik untuk menghilangkan lendir dan noda.
 
Cara membersihkannya yaitu isi ember dengan air hangat dan 1/4 cuka putih. Kemudian semprotkan cairan tersebut ke noda di karpet.
 
Tunggu beberapa menit, setelah itu gosok perlahan hingga kotoran tersebut hilang. Jangan lupa keringkan agar tidak menimbulkan bau.

2. Baking soda

Baking soda menjadi solusi yang murah dan ramah lingkungan yang dapat menangani noda dan bau karpet Anda.
 
Taburkan baking soda pada karpet yang bernoda atau semprotkan baking soda yang telah dicampur dengan air panas. 
 
Biarkan campuran itu selama tiga jam agar menyerap kotoran dan bau. Setelah kering gunakan penyedot debu.

3. Shaving cream

Anda juga bisa menggunakan shaving cream untuk membersihkan tumpahan jus atau minyak pada karpet. Caranya, bersihkan dulu air jus dari karpet, kemudian tepuk-tepuk dengan spons basah.
 
Setelah itu semprotkan cream pada noda di karpet dan tepuk-tepuk kembali dengan spons basah. Kemudian gosok karpet yang terkena noda hingga bersih.

4. Minyak lavender dan garam

Bahan yang harus Anda siapkan adalah air panas, cuka, minyak lavender, dan garam. Campurkan semua bahan tersebut lalu masukkan ke dalam botol. Untuk menghilangkan kotoran sebaiknya gunakan sikat. 

5. Sabun cuci piring 

Anda bisa mencoba mencampurkan satu sendok makan sabun cuci piring ke dalam satu liter air hangat, kemudian 1/4 sendok teh cuka putih. Bahan ini dianggap ampuh membersihkan karpet.

6. Garam

Garam ternyata bisa membersihkan noda dari karpet. Untuk noda minyak, campurkan garam dengan alkohol dengan perbandingan 1:4. Kemudian gosok pada noda searah serat karpet. 
 
Untuk noda kecap, Anda bisa menamburkan garam langsung di atas noda, kemudian diamkan beberapa menit. Setelah itu vakum hingga noda benar-benar bersih.

7. Tepung maizena dan susu

Tepung maizena dan susu bisa untuk membersihkan noda atau tinta di karpet. Caranya dengan mencampurkan susu dengan tepung maizena hingga berbentuk pasta. 
 
Setelah itu oleskan pasta ke noda tinta dan tunggu hingga beberapa menit hingga mengering lalu sikat bagian yang terkena tinta. 
 
Selain membersihkan tinta, tepung maizena juga dapat digunakan untuk menyerap minyak pada karpet. Caranya dengan menaburkan tepung, diamkan selama beberapa jam, dan sedot debu. 
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif