Cara tepat bersihkan talenan kayu. Foto: Shutterstock
Cara tepat bersihkan talenan kayu. Foto: Shutterstock

Bukan Sabun, Ini Bahan yang Tepat Bersihkan Talenan Kayu

Properti Tips Properti tips rumah Cara membersihkan talenan kayu Bersihkan talenan kayu dengan lemon
Rizkie Fauzian • 20 Desember 2021 18:37
Jakarta: Talenan adalah perabot dapur yang tak bisa dilepaskan dalam proses memasak. Talenan pasti digunakan setiap kali Anda memasak, sehingga rentan terkontaminasi bakteri bila tidak dibersihkan dengan benar. 
 
Berbagai kuman dan bakteri dari makanan mentah bisa menempel pada talenan bila tidak dibersihkan secara benar. Berbeda dengan talenan plastik, bahan dari kayu memerlukan ekstra perhatian. 
 
Jika talenan kayu dibersihkan dengan cara yang salah, maka bisa berjamur dan membahayakan kesehatan keluarga. Jangan lupa untuk menggunakan talenan berbeda untuk memotong daging dan sayuran. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: 7 Cara Membersihkan Talenan Kayu agar Tidak Berjamur
 
Meskipun Anda mencuci talenan secara teratur dengan sabun cuci piring, pastikan bahwa Anda menggosok talenan juga dengan lemon dan garam. Berikut ini beberapa cara membersihkan talenan dengan bahan alami.

1. Selalu cuci dengan sabun dan air panas

Bukan Sabun, Ini Bahan yang Tepat Bersihkan Talenan Kayu
Kombinasi garam dan lemon sangat bagus untuk menghilangkan noda, namun sabun tidak memiliki sifat antibakteri. Untuk membersihkan talenan setelah digunakan, cucilah sampai bersih menggunakan sikat, air panas, dan sabun cuci piring.

2. Bersihkan secara teratur dengan garam dan lemon

Bukan Sabun, Ini Bahan yang Tepat Bersihkan Talenan Kayu
Taburkan garam kasar ke talenan kayu dan gosok dengan menggunakan setengah lemon, lalu biarkan airnya merembes keluar. Larutan ini dapat membersihkan talenan dari noda yang tidak bisa dihilangkan dengan sabun saja. 
 
Lemon dan garam bekerja untuk menghilangkan noda yang sulit dihilangkan.  Kandungan asam sitrat di dalam lemon juga bisa untuk menghilangkan lemak dan memberikan wangi alami. Sementara garam berfungsi sebagai abrasif.

3. Keringkan segera setelah dicuci

Bukan Sabun, Ini Bahan yang Tepat Bersihkan Talenan Kayu
Setelah dibersihkan, pastikan Anda mengeringkan talenan kayu dengan benar. Jika talenan disimpan dalam keadaan basah, maka air akan meresap ke dalam kayu dan membuatnya mengembang.

 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif