Cara membersihkan talenan kayu. Foto: Shutterstock
Cara membersihkan talenan kayu. Foto: Shutterstock

Manfaat Membersihkan Talenan Kayu dengan Lemon dan Garam

Rizkie Fauzian • 08 Februari 2022 10:07
Jakarta: Talenan merupakan perabot di dapur yang digunakan hampir setiap kali saat memasak. Maka dari itu, menjaga kebersihkannya wajib dilakukan dengan rutin agar tak mudah terkontaminasi bakteri.
 
Talenan biasanya digunakan untuk memotong berbagai jenis makanan, termasuk bahan mentah seperti ayam dan ikan. Namun, untuk talenan kayu Anda memerlukan ekstra perhatian. 
 
Jika talenan kayu dibersihkan dengan cara yang salah, maka bisa berjamur dan membahayakan kesehatan keluarga. Jangan lupa untuk menggunakan talenan berbeda untuk memotong daging dan sayuran. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut ini beberapa cara membersihkan talenan kayu dengan tepat menggunakan bahan alami.

1. Selalu cuci dengan sabun dan air panas

Kombinasi garam dan lemon sangat bagus untuk menghilangkan noda, namun sabun tidak memiliki sifat antibakteri. Untuk membersihkan talenan setelah digunakan, cucilah sampai bersih menggunakan sikat, air panas, dan sabun cuci piring.

2. Bersihkan secara teratur dengan garam dan lemon

Manfaat Membersihkan Talenan Kayu dengan Lemon dan Garam
Cara membersihkan talenan kayu. Foto: Shutterstock
 
Taburkan garam kasar ke talenan kayu dan gosok dengan menggunakan setengah lemon, lalu biarkan airnya merembes keluar. Larutan ini dapat membersihkan talenan dari noda yang tidak bisa dihilangkan dengan sabun saja. 
 
Lemon dan garam bekerja untuk menghilangkan noda yang sulit dihilangkan.  Kandungan asam sitrat di dalam lemon juga bisa untuk menghilangkan lemak dan memberikan wangi alami. Sementara garam berfungsi sebagai abrasif.

3. Keringkan segera setelah dicuci

Setelah dibersihkan, pastikan Anda mengeringkan talenan kayu dengan benar. Jika talenan disimpan dalam keadaan basah, maka air akan meresap ke dalam kayu dan membuatnya mengembang.

4. Hilangkan noda

Manfaat Membersihkan Talenan Kayu dengan Lemon dan Garam
Cara membersihkan talenan kayu. Foto: Shutterstock
 
Jika terjadi perubahan warna pada talenan, taburi area tersebut dengan soda kue dalam jumlah banyak. Gunakan setengah buah lemon untuk menggosok area tersebut. Asam dari lemon bantu menghilangkan noda.
 
Bilas talenan kayu dengan air hangat untuk menghilangkan semua busa. Segera keringkan talenan dengan kain atau lap, bisa juga gunakan handuk kertas. 

Cara merawat talenan kayu

Selain dibersihkan dengan teratur, talenan kayu juga harus dirawat dengan tepat, tujuannya untuk menjaga kualitas talenan dan makanan.
 
Semprotkan sedikit talenan kayu dengan cuka putih. Asam dalam cuka berfungsi sebagai disinfektan yang bisa Anda gunakan sehari-hari. 
 
Setidaknya setiap bulan atau setelah memotong daging mentah, ikan atau ayam, talenan harus disinfektan secara menyeluruh dengan campuran satu sendok teh pemutih dalam satu liter air.
 
Sebarkan setengah larutan di satu sisi papan dan diamkan selama lima menit. Bilas dengan air panas dan ulangi langkah-langkah di sisi lain papan.
 
Tempatkan talenan kayu di tempat panas hingga benar-benar kering. Jangan simpan talenan di atas meja karena bagian bawah mungkin tidak kering dengan sempurna. 
 
Jika talenan kayu mulai terlihat kusam atau terasa agak kasar saat disentuh, maka segera ganti. 
 
Jangan pernah merendam talenan dalam air untuk waktu yang lama. Air akan meresap ke dalam kayu dan menyebabkan serat kayu membengkak dan melengkung.
 
Jangan biarkan cairan makanan, terutama darah dari makanan mentah, tergenang di talenan kayu karena pada akhirnya akan meresap.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif