Ilustrasi kawasan industri. Foto: MI/Atet Dwi Pramadia
Ilustrasi kawasan industri. Foto: MI/Atet Dwi Pramadia

Alasan Kawasan Industri di KEK Pulau Jawa Memiliki Potensi Besar

Properti investasi properti kawasan industri Bisnis Properti Kawasan Ekonomi Khusus
Rizkie Fauzian • 22 April 2022 23:14
Jakarta: Kawasan industri di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pulau Jawa memiliki potensi besar sehingga menjadi pilihan para investor untuk menginvestasikan dananya.
 
Rivan Munansa, Head of Industrial & Logistics Services Colliers Indonesia menyebutkan bahwa kawasan industri saat ini berpusat di pulau Jawa, terutama di bagian barat. 
 
"Investasi di Jawa tampaknya memiliki potensi besar dan KEK berada di berbagai provinsi untuk mendorong pembangunan daerah dan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan iklim investasi Indonesia," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat, 22 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kegiatan bisnis seperti produksi dan manajemen, serta logistik dan distribusi, termasuk di antara yang berlokasi di KEK. Beberapa alasan KEK memiliki potensi yang baik antara lain, adanya insentif yang diberikan oleh pemerintah bagi investor adalah keuntungan. 
 
"Insentif yang diberikan menarik, bertujuan untuk mendorong dan menciptakan iklim investasi yang menguntungkan, terutama bagi investor asing. 
 
Masalah lisensi adalah salah satu tantangan yang sering dihadapi banyak investor. Namun, di KEK, kemudahan lisensi adalah salah satu insentif utama, dan telah menjadi prioritas pemerintah.
 
Menurutnya, peluang investasi untuk penyewa dan investor KEK, yang saat ini beroperasi atau sedang dibangun, melibatkan berbagai kegiatan bisnis, mulai dari industri berat hingga ringan. 
 
"Karena konsep KEK geo-strategis, kawasan industri di area KEK memiliki akses ke pasar global yang lebih luas dan pelabuhan dan bandara diharapkan mampu meningkatkan produktivitas dan memastikan distribusi yang lebih luas untuk industri," jelasnya.
 
Lokasi KEK yang tampaknya menawarkan peluang investasi terbaik untuk kawasan industri seperti otomotif, logam, industri, KEK yang terletak di pulau Jawa masih menjadi lokasi yang paling disukai.
 
"Selain itu, KEK yang melibatkan kegiatan seperti energi, petrokimia dan kimia biasanya terletak di pulau Sumatera dan Jawa. Untuk kegiatan usaha seperti logistik, ini banyak ditemukan di KEK di Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan hingga Papua," ujarnya.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif