Kenaikan PPN 11 persen belum pengaruhi harga rumah maupun apartemen. Foto: Shutterstock
Kenaikan PPN 11 persen belum pengaruhi harga rumah maupun apartemen. Foto: Shutterstock

Pengaruh Kenaikan PPN bagi Harga Rumah dan Apartemen

Properti investasi properti Apartemen Bisnis Properti rumah tapak Harga rumah
Rizkie Fauzian • 20 April 2022 14:49
Jakarta: Kenaikan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 11 persen berdampak pada semua sektor ekonomi. Salah satu yang terdampak adalah sektor properti, baik dari sewa maupun jual.
 
Head of Research Jones Lang LaSalle (JLL) Indonesia Yunus Karim mengatakan pengaruh kenaikan PPN 11 persen, terutama pada harga hunian seperti rumah tapak dan apartemen belum terlihat adanya pengaruh.
 
"Tapi kalau kita lihat saat ini, kita belum lihat adanya hal tersebut (kenaikan harga) mengingat pemerintah masih memberikan insentif untuk para pembeli hunian," jelasnya dalam diskusi daring, Rabu, 20 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika dilihat lebih lanjut, menurutnya pengembang harus memiliki strategi lain dalam mengemas proyeknya agar tetap dapat dijangkau pasar. Terutama dengan adanya kenaikan PPN 11 persen ini memungkinkan adanya penambahkan biaya.
 
"Pengembang harus berstrategi bagaiamana produk yang diluncurkannya dapat diserap pasar," jelas Yunus.
 
Yunus menambahkan, jika dilihat dari segi end user kenaikan PPN ini tidak akan terdampak pada pembelian karena hunian merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi.
 
"Tapi kalau dari segi investasi, biasanya akan cenderung berhati-hati melihat seberapa banyak kenaikan harga tersebut. Mengingat pengembang saat ini masih fokus menjaga harga untuk menarik para pembeli," katanya.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif