Indeks harga properti naik  1,97 persen. Foto: Shutterstock
Indeks harga properti naik 1,97 persen. Foto: Shutterstock

Indeks Harga Properti Kembali Naik

Properti investasi properti apartemen Bisnis Properti rumah tapak PPN rumah Investasi Rumah Harga rumah
Rizkie Fauzian • 05 Oktober 2021 22:47
Jakarta: Sebelum Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, indeks harga properti telah mengalami penurunan selama dua kuartal. Pada kuartal II-2021, indeks harga properti mulai menggeliat seiring perbaikan perekonomian.
 
Riset dari Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI), indeks harga properti di kuartal III-2021 mulai mengalami peningkatan hingga 2,24 persen dari kuartal sebelumnya.
 
"Secara tahunan, indeks harga rumah juga tercatat naik sebesar 1,97 persen," kata Country Manager Rumah.com Marine Novita dalam webinar, Selasa, 5 Oktober 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tak hanya indeks harga, minat terhadap listing properti tahun ini juga mengalami peningkatan, meskipun sempat turun tajam pada Juli 2021 karena adanya kebijakan PPKM.
 
Namun, pada Agustus 2021 harga kembali mengalami kenaikan karena pelonggaran aturan yang diberikan pemerintah sehingga listing properti kembali membaik.
 
"Hampir semua aktivitas dilakukan dari rumah, sehingga traffic di Rumah.com meningkat. Ini menunjukan ada peningkatan minat terhadap listing properti," ujarnya. 
 
Survei Rumah.com Consumer Sentiment Study H2-2021 mencatat semakin banyaknya responden yang mengandalkan portal properti untuk mendapatkan informasi tentang properti. 
 
Menurut Marine, peningkatan minat pencarian properti tersebut dipengaruhi adanya kebijakan pemerintah yang memberikan diskon Pajak Pertambahan Nilai (PPN) hingga 0 persen. 
 
"Sebanyak 75 persen responden kini tahu berapa banyak mereka mampu mengangsur, makin banyak dari periode Consumer Sentiment Study sebelumnya sebanyak 69 persen," ungkapnya.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif