Desain Istana Ibu Kota Baru. Foto: Instagram/Nyoman_Nuarta
Desain Istana Ibu Kota Baru. Foto: Instagram/Nyoman_Nuarta

Ibu Kota Pindah, Properti di Jabodetabek Masih Diminati

Rizkie Fauzian • 26 Januari 2022 16:59
Jakarta: Rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur terus dimatangkan pemerintah. Meski demikian, prospek properti di kawasan Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekas (Jabodetabek) masih diminati pasar.
 
Head of Reserach Jones Lang LaSalle (JLL) Yunus Karim mengatakan, rencana pemindahan ibu kota tengah hangat dibahas. Terutama setelah disahkannya UU IKN dan beberapa progres yang dilakukan.
 
"Karena ini jangka panjang, sejauh ini kami melihat Jabodetabek masih akan diminati pasar, karena Jakarta saat ini masih jadi pusat komersial," jelasnya dalam diskusi virtual, Rabu, 26 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Head of Advisory JLL Indonesia Vivin Harsanto menjelaskan bahwa Jakarta masih menjadi pusat bisnis sehingga prospek di kawasan Jabodetabek masih tetap diminati dan bertahan.
 
Menurutnya, di kawasan IKN sudah ada captive market dari pemerintah yang direncanakan untuk pindah ke sana seperti kantor-kantor pemerintahan sehingga dibutuhkan fasilitas pelengkap seperti komersial dan residensial.
 
"Tergantung proses pemindahan IKN, kalau memang captive market tersebut dari sisi komersial atau perkantoran sudah ada mungkin juga akan ada turunan-turunan dari sektor tersebut," ungkap Vivin.
 
Vivin menambahkan bahwa Indonesia harus belajar dari negara-negara lain yang telah terlebih dulu memindahkan ibu kota. Misalnya seperti Malaysia yang memiliki ibu kota Kuala Lumpur namun pusat pemerintahan berada di Putrajaya.
 
"Kita harus belajar, dari dua kota tersebut masih bisa berjalan dan tetap hidup dua-duanya. Kita lihat di Jakarta sendiri ketika nanti sudah pindah ke ibu kota baru, tentu ada revitalisasi yang tadinya pemerintahan dan area komersial," jelasnya.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif